Share Info

13 December 2010

Menjalani Hubungan dengan Usia Terpaut Jauh

Anda memiliki pasangan yang usianya terpaut sangat jauh, dan semua orang di sekeliling sudah menganggap hubungan Anda tersebut akan gagal. Padahal, tak harus begitu. Ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menjamin hubungan tersebut bisa berhasil. Jika Anda sedang menjalin hubungan yang terpaut usia jauh, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keharmonisan dan kelangsungan hubungan Anda.

1. Pastikan Anda dan dia bersama untuk alasan yang tepat
Dibutuhkan motivasi dan alasan yang kuat untuk bisa terus berjalan. Anda harus berada di posisi yang sejajar untuk bisa menjalani hubungan yang sukses. Seperti hubungan sukses lainnya, hubungan dengan kondisi ini pun akan bisa sukses jika ada suatu visi yang mengikat pasangan tersebut. Ahli hubungan, Amanda Kane, dari WebMD mengutarakan, "Perbedaan usia bisa membuat perbedaan perkembangan hubungan yang sulit diatasi. Sehingga, mencari kesamaan atau pondasi yang sama untuk membangun sebuah hubungan kuat akan dibutuhkan."

2. Bersiaplah untuk kritik dan ketidaksetujuan

Jika Anda sedang berada dalam hubungan seperti ini, Anda mungkin akan menghadapi tudingan, cibiran, atau pandangan sinis dari orang-orang sekitar, termasuk teman dan keluarga yang tak bisa menerima keputusan Anda tersebut. Meski Anda dan pasangan memang sejujurnya merasa bahagia sekalipun, akan sulit untuk orang-orang di luar sana yang melihat kemungkinan tersebut. Orang luar bisa dengan mudahnya berasumsi hubungan tersebut tidak akan berhasil. "Orang luar sudah pasti akan menghakimi adanya perbedaan usia. Mereka akan memikirkan apa kira-kira yang membuat hubungan tersebut bisa berjalan," jelas Kane.

Apabila Anda yakin bahwa hubungan tersebut memang cukup kuat, yang bisa Anda lakukan adalah menjalaninya dengan sungguh-sungguh, beri sedikit waktu agar mereka yang mencibir bisa melihat apa yang sedang Anda lewati bersama si dia adalah hal yang memang patut dipertahankan. Jangan berikan umpan meski kritik dan ketidaksetujuan sudah sangat hangat, karena hal ini bisa menyebabkan hubungan Anda merenggang.

3. Tetap bergenggaman

Untuk menjaga agar hubungan ini bisa berhasil, Anda dan dia harus memiliki hubungan yang kuat dan satu tim. Ada kemungkinan terbaik bahwa Anda akan menghadapi kritik dan ketidaksetujuan dari banyak pihak di sepanjang perjalanan Anda dan dia bersama. Karenanya, dibutuhkan genggaman tangan yang erat antara Anda dan dia dan saling bersandar. Jika Anda dan dia memang memiliki perbedaan usia yang cukup jauh, sangat penting untuk merefleksikan dan mengerti hubungan Anda dan dia agar bisa mencapai tujuan dan menggapai angan yang disemat di penghujung jalan.

4. Terima perbedaan tersebut
Jangan mencoba untuk menutup bahwa perbedaan usia itu tidak ada, karena ini akan bisa berdampak negatif bagi hubungan Anda. Jangan mencoba membuat pasangan Anda bertingkah sama seperti usia Anda, karena yang Anda temukan hanya sebuah penolakan.

"Diskusikanlah perbedaan yang tumbuh akibat perbedaan usia tersebut. Cinta bisa membawa dua orang yang amat berbeda menyatu dan mengabaikan perbedaan itu, atau bahkan perbedaan tersebut bisa menjadi pemersatu. Kunci dari semua hubungan adalah hal yang selalu dibicarakan orang; komunikasi. Menguburkan perbedaan hanya akan membuat perseteruan," jelas Kane.

Selebritis yang menjalin hubungan berjarak usia jauh:
Harrison Ford dan Calista Flockhart
Harisson Ford terpaut sekitar 22 tahun dari Calista. Mereka sudah menjalin hubungan sejak 2002. Flockhart pernah mengungkap kepada majalah People, bahwa perbedaan usia bukan masalah baginya. Bahkan terkadang ia sering lupa bahwa mereka punya jarak usia yang sungguh jauh.

Catherine Zeta Jones dan Michael Douglas
Pasangan aktor dan aktris ini memiliki usia yang terpaut 25 tahun, namun pernikahan mereka sudah cukup kuat bertahan sejak tahun 2000. "Hingga ada orang yang mengatakan bahwa usia kami berbeda 25 tahun, saya tak pernah benar-benar memikirkan masalah ini. Saya tahu ada beberapa orang yang sinis saat melihat kami bersama. Tetapi kami menikah karena cinta yang ada di antara kami tidak pernah pudar, tak pernah sedikit pun," jelas Jones ke majalah OK! dari Inggris.

Demi Moore dan Aston Kutcher
Ada perbedaan sekitar 15 tahun antara pasangan ini. Mereka cukup nyaman dengan perbedaan usia ini. Bahkan sering pula perbedaan usia ini menjadi olok-olok dalam acara sitkom Saturday Night Live. Belakangan ini, mereka bahkan bersatu dan bertemu dan berkumpul dengan para mantan kekasih mereka.

Tom Cruise dan Katie Holmes
Pasangan yang sering disebut "TomKat" ini terpaut usia sekitar 16 tahun. Mereka kini sudah menikah dan terus bergandengan tangan. Dalam sebuah wawancara, Katie mengutarakan bahwa hal itu tak pernah menjadi masalah. Ia menyadari bahwa orang akan berpikir yang tidak-tidak, tetapi Katie mengatakan, "Kami sama-sama suka bekerja, kami berdua suka keluarga. Intinya, untuk ada bagi satu sama lain, saling mendukung, dan mendengarkan."

[Source : Kompas]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month