Share Info

16 December 2010

Info Nutrisi

Pengaturan nutrisi untuk asupan sehari-hari sangat dibutuhkan baik untuk bayi hingga manula. Tetapi terkadang karena kesibukan sehari-hari kita tidak dapat mengatur asupan tersebut.


Gambar. Piramida nutrisi

Sehingga banyak menimbulkan masalah kesehatan, baik kurang gizi atau kelebihan gizi atau nutrisi.

Sehingga untuk mengatasi masalah nutrisi dibutuhkan produk atau obat untuk mengatasinya. Untuk produk yang berkaitan dengan nutrisi dapat dibagi sebagai berikut :

  1. Nutrisi bayi
  2. Produk nutrisi lainnya
  3. Larutan parenteral
  4. Tonik
  5. Perangsang nafsu makan
  6. Anti obesitas

Sumber nutrisi terbaik dari bayi sudah pasti air susu ibu. Akan tetapi karena adanya kendala pada waktu pemberian air susu ibu baik dari si ibu maupun bayinya sehingga dibutuhkan asupan nutrisi selain dari air susu ibu. Bila dibutuhkan, produk nutrisi bayi ini ada yang untuk pengganti ASI ataupun pelengkap ASI dengan bentuk sediaan susu ataupun biskuit.

Pada anak-anak hingga orang dewasa terkadang juga diperlukan tambahan nutrisi dalam bentuk susu baik untuk keseluruhan nutrisinya atau penekanan pada salah satu jenis nutrisi misalnya kalsium untuk mencegah osteoporosis.

Pada keadaan tertentu dimana penderita tidak dapat mengkonsumsi nutrisi dengan jalur oral digunakan sediaan larutan parenteral dengan jalur intra vena (melalui pembuluh darah) yang biasa berupa infus.

Produk tonikum atau tonik digunakan untuk berbagai masalah yang spesifik dengan produk spesifik juga. Misalnya untuk meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan energi, meningktakan aktivitas spesifik dari sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Masalah lain dalam hal nutrisi adalah kurangnya atau hilangnya nafsu makan sehingga menimbulkan kekurangan nutrisi untuk mengatasi hal tersebut digunakan sediaan obat atau vitamin. Biasanya sediaan obat tersebut mengandung curcumin, kombinasi dari beberapa vitamin B atau lysin, yang dikombinasi dengan vitamin lainnya.

Permasalahan lain yang berkaitan dengan nutrisi adalah obesitas. Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya.

Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria.

Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas.

Seseorang yang memiliki berat badan 20% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya yang normal dianggap mengalami obesitas.

Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok:

  • Obesitas ringan : kelebihan berat badan 20-40%
  • Obesitas sedang : kelebihan berat badan 41-100%
  • Obesitas berat : kelebihan berat badan >100%.
    Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% dari antara orang-orang yang gemuk.

Dibanding pria, wanita lebih mudah mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah fase hidup wanita yang berbeda dari pria. Kekurangan zat gizi saat dalam kandungan, haid dini, berat badan yang berlebihan ketika hamil, dan aktivitas fisik yang berkurang akibat menopause, mengakibatkan wanita rentan terhadap obesitas.

Di apotik online medicastore anda dapat mencari produk yang berkaitan dengan permasalah gizi atau nutrisi yang telah diresepkan dokter atau yang anda butuhkan secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat sesuai kebutuhan anda.

[Source : Medicastore]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month