Tentu,  atasan yang baik adalah yang bisa bekerja sama dengan bawahannya. Tidak  hanya menyuruh, tetapi juga mengarahkan atau memberikan masukan. Namun,  ketika Anda menjadi bawahan, jangan pernah menunjukkan pada atasan bahwa  Anda tidak menyukai pekerjaan yang diberikan, atau Anda tidak mampu  melakukannya.
Berkaitan dengan tugas-tugas dari atasan yang  membebani Anda, sebaiknya Anda berstrategi untuk mempertahankan posisi  atau reputasi Anda. Kalaupun Anda tidak menyetujui sesuatu, katakan  dengan cara yang lebih positif. Menurut Karen Burns, penulis buku The  Amazing Adventures of Working Girl: Real-Life Career Advice You Can  Actually Use, pada dasarnya ada tujuh kalimat keluhan yang dapat  mempengaruhi sudut pandang atasan terhadap kinerja Anda:
1.  “Ini bukan pekerjaan saya.”
Umumnya atasan akan berpikir  bahwa apapun yang diperintahkannya kepada Anda, itulah yang menjadi  pekerjaan Anda. Namun jika pekerjaan yang diberikan tidak termasuk dalam  tugas Anda, cobalah menahan diri untuk tidak mengatakan hal tersebut.  Sebaliknya, coba cari tahu mengapa atasan memberikan pekerjaan tersebut  kepada Anda. Bisa jadi, atasan punya alasan tersendiri yang masuk akal.  Jika Anda merasa tugas tersebut tidak Anda kuasai, atau hanya akan  menghabiskan waktu Anda, berikan saran bahwa pekerjaan tersebut akan  lebih baik bila dilakukan oleh rekan kerja yang lain. Memang, pada  dasarnya atasan dapat memberikan tugas apa saja di luar daftar pekerjaan  Anda. Namun, tunjukkan etika yang baik.
2. “Itu bukan  masalah saya.”
Ketika Anda berkata bahwa apa yang sedang  terjadi bukan masalah Anda, Anda akan terkesan tidak peduli pada  lingkungan. Penolakan tersebut tidak akan membuat orang menyukai Anda,  tidak terkecuali atasan Anda. Jika ada masalah, dan Anda tidak tahu apa  yang harus dikatakan, lebih baik jangan katakan apapun. Lebih baik Anda  berusaha ikut membantu menyelesaikan masalah tersebut. Pada akhirnya,  masalah di tempat kerja merupakan masalah semua orang. Tentu saja Anda  juga terlibat di dalamnya.
3. “Itu bukan salah saya.”
Ini  juga salah satu kalimat yang harus dihindari. Tahu, kenapa? Karena  ketika Anda mengatakan sesuatu itu bukan salah Anda, justru orang lain  akan yakin bahwa itu memang salah Anda. Lagipula masalahnya apa, sih?  Ada sesuatu yang tidak beres, dan harus diperbaiki. Jalan keluar itulah  yang harus dipikirkan, bukan siapa yang salah.
4. “Saya  tidak bisa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus.”
Hanya  karena Anda mengeluh pekerjaan Anda banyak, atasan tidak akan merasa  kasihan pada Anda, atau mengurangi pekerjaan Anda. Bahkan, sebaliknya  atasan akan berpikir (1) Anda membenci pekerjaan Anda, atau (2) Anda  tidak serius dengan pekerjaan Anda. Setiap orang tanpa terkecuali, akan  merasa tertekan karena dibebani begitu banyak pekerjaan. Yang bisa Anda  lakukan adalah melakukan tugas-tugas itu, satu-persatu.
5.  “Kemampuan saya terlalu tinggi untuk pekerjaan ini.”
Mungkin  Anda benar. Tetapi pada kenyataannya, pekerjaan inilah yang Anda  miliki. Anda setuju untuk mengambil pekerjaan tersebut, dan sekarang  Anda menyesalinya. Dengan mengeluh terus-menerus, Anda hanya membuat  reputasi Anda menjadi buruk. Rekan-rekan kerja yang berada dalam satu  tim dengan Anda pun akan kesal mendengar keluhan Anda. Yang paling  parah, atasan Anda pasti akan berpikir-pikir lagi untuk mempromosikan  Anda.
6. “Pekerjaan ini mudah. Setiap orang bisa  melakukannya!”
Mungkin Anda sedang mencoba mengatakan bahwa  Anda begitu pintar, sehingga pekerjaan itu terasa mudah. Tetapi  akibatnya, orang lain akan mendapat kesan Anda mengatakan bahwa  pekerjaan tersebut tidak bermutu. Nah, tidak ada atasan yang senang  mendengar bahwa suatu pekerjaan itu dianggap tidak penting oleh  bawahannya. Jika pekerjaan itu memang mudah, seharusnya Anda senang  melakukannya. Segera selesaikan pekerjaan itu secepat yang Anda bisa.
7.  “Pekerjaan itu tidak bisa diselesaikan.”
Mengatakan bahwa  sesuatu tidak dapat dikerjakan, sama saja menyulut kemarahan atasan  Anda. Meskipun tugas itu benar-benar mustahil dikerjakan, katakan Anda  akan berusaha menyelesaikannya. Jika tidak, Anda akan terlihat tidak  dapat diandalkan. Jangan lupa, atasan tidak menginginkan kata-kata  “tidak mungkin”. Segala sesuatu harus "mungkin" baginya. Menemukan  masalah yang ada, dan mampu mencari jalan keluarnya, akan menjadi  pencapaian Anda.
Terakhir, ketika Anda ragu-ragu, ingatlah untuk  tetap diam dan tidak menunjukkannya. Cobalah untuk menguraikan  masalahnya lebih dulu, dan memikirkan solusinya. Seperti kata pepatah: silence  is golden.






0 Comment:
Post a Comment
Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA