Share Info

4 February 2011

Zaitun, Buat Perempuan Tampil Lebih Cantik


Mitos buah zaitun merupakan buah yang diberkahi terjawab sudah. Banyak para peneliti dan ilmuwan menemukan manfaat dan khasiat dari pohon zaitun, seperti membuat perempuan tampil lebih cantik.

Zaitun atau oliva memiliki nama ilmiah Olea europaea. Berbentuk pohon perdu dan malar hijau, berdaun kecil menjangat, bunganya kuning, buahnya pelok membulat telur. Buahnya yang muda berwarna hijau kekuningan khas dan segar dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan.

Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.


Buah zaitun yang diawetkan sering digunakan sebagai campuran hidangan seperti salad, pizza, mezze dari Yunani atau untuk campuran tapas dari Spanyol.

Selain zaitun utuh, minyaknya pun sangat terkenal. Sejak dahulu kala hingga kini, minyak zaitun (olive oil) merupakan andalan bangsa Mesir dan Romawi kuno. Bukan hanya untuk menambah nilai gizi pada masakan, tetapi juga peranannya dalam menjaga kesehatan dan merawat kecantikan.

Limbah minyak zaitun masih dapat dipergunakan sebagai bahan bakar, pupuk, makanan hewan, dan minyak pelumas. Sedangkan biji zaitun dapat digunakan sebagai produk cetakan plastik. Spanyol dan Italia merupakan negara terdepan dalam memproduksi minyak zaitun.

Beberapa manfaat minyak zaitun adalah:

1. Mengurangi keriput pada wajah. Pijat bagian yang kendur dengan campuran minyak zaitun dan jus jeruk segar sebelum tidur.

2. Mengobati luka. Teteskan dan lumuri air zaitun pada kulit yang terkena luka atau gatal. Air zaitun yang asin baik untuk bekas luka karena kebakaran dan menghilangkan gatal.

3. Mengatasi keringat tak sedap, mengeluarkan racun, mengatasi cacingan. Minumlah air rebusan zaitun sekali dalam sehari.

4. Mencegah kanker payudara. Wanita yang mengonsumsi minyak zaitun lebih dari satu kali dalam sehari memiliki peluang terkena kanker payudara 25% lebih rendah dibanding wanita jarang mengonsumsinya. Ini karena minyak zaitun banyak mengandung vitamin E dan polifenol yang berperan sebagai penghadang radikal bebas untuk menghentikan kerusakan sel-sel pemicu kanker.

5. Mengatasi kulit kering. Campur alpukat dengan tiga sendok makan minyak zaitun, lalu diblender. Usapkan campuran itu ke seluruh wajah. Biarkan 10 menit dan bilas. Hasilnya kulit yang semula kering akan terasa lembap untuk waktu yang relatif lama.

6. Mengurangi lelah dan stres. Pijat bagian otot wajah yang lelah dan tegang akibat aktivitas keseharian yang terlalu berat dengan minyak zaitun.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat mempercepat proses pencernaan, pencegah kanker usus, penyakit kandung kemih, penyakit jantung, dan menurunkan kadar kolesterol. Konsumsilah menu makanan yang mengandung minyak dan buah zaitun.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month