Share Info

30 November 2010

Penjara Teluk Guantanamo

Kisah horor penjara teluk Guantanamo mendekati babak akhir. Presiden terpilih Amerika Serikat Barack Hussein Obama II sedang menyiapkan timnya untuk menutup fasilitas milik Angkatan Laut AS itu. Sejak Januari 2002, AS telah menahan sekitar 770 tawanan dari 30 negara tanpa pengadilan yang layak. Sebagian besar sudah dilepas, diekstradisi atau diadili di AS, hingga masih bersisa 255 orang saat ini, sekitar 100 orang berasal dari Yaman.

Peta diatas adalah peta negara Kuba yang mempunyai wilayah seluas 110.860 km. Sebelum menjadi Republik Kuba pada 20 Mei 1902, wilayah yang dihuni suku asli Taino dan Siboney ini dikuasai oleh Spanyol. Atas bantuan AS pada perang 1895-1898, Kuba terlepas dari Spanyol. Namun konsekuensinya, Kuba harus menyerahkan wilayah Guantanamo pada AS. Setelah betul-betul merdeka pada 1 Januari 1959, AS tetap menyewa Guantanamo dengan harga 2.000 koin emas per tahun.

Kamp Tahanan Teluk Guantanamo mempunyai nama sandi GTMO atau GITMO. Mempunyai luas 45 mil persegi (atau 116 km persegi). Dikelilingi oleh laut, dinding kaktus dan area pertambangan yang dibangun Fidel Castro.

Penjara Teluk Guantanamo (Guantanamo Bay Detention Camp) terdiri dari tiga bangunan utama, yaitu Camp Delta, Camp Iguana dan Camp X-Ray. Gambar diatas adalah Camp Six.

Untuk menyegarkan ingatan, berikut foto-foto terkait penjara teluk Guantanamo, Kuba.

[source : Apa Kabar Dunia]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month