Share Info

23 November 2010

Lima Menit di Udara Terbuka

Ternyata, kita hanya perlu waktu lima menit setiap hari, untuk meningkatkan kesehatan mental.

Tim peneliti dari Universitas Essex, Inggris, menyatakan, kita sebaiknya menghabiskan lebih banyak waktu di "ruang hijau" seperti taman dan kebun. Nah, kegiatan yang kita lakukan di sana, seperti berjalan, berkebun, bersepeda, atau olahraga ringan, dapat meningkatkan suasana hati (seperti dan kepercayaan diri. Pembahasan lebih detail tentang ini, telah dimuat di Jurnal Environmental Science & Technology terbaru.

Jules Pretty dan Jo Barton yang memimpin penelitian mengatakan, pernyataan yang mereka kemukakan ini berasal dari penelitian terhadap 1.252 orang dengan beragam umur, jenis kelamin, dan status kesehatan mental. Kemudian mereka menganalisis kegiatan berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berperahu, serta menunggang kuda, yang dilakukan orang-orang tersebut.

Nah, kelompok terbesar yang mendapat efek positif dalam kepercayaan diri datang dari mereka yang melakukan "aktivitas di ruang hijau" selama kurang lebih lima menit setiap hari. Kendati demikian, orang dari semua usia dan kelompok sosial juga menikmati manfaatnya kegiatan di "ruang hijau".

"Semua lingkungan hidup alamiah itu bermanfaat bagi kita, manusia; termasuk taman di kota kecil atau besar" pungkas para ilmuwan. "Tetapi daerah hijau dengan air tampaknya memiliki dampak yang lebih positif!"

[andrei wongso]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month