Share Info

20 November 2010

Pil Awet Muda Tinggal Selangkah Lagi

Langkah para ilmuwan dalam menciptakan pil awet muda tinggal selangkah lagi. Laporan terbaru menyebutkan mereka berhasil menemukan enzim yang memegang peranan kunci dalam mencegah kematian sel-sel.

Selama ini diketahui bahwa mengurangi asupan kalori berdampak signifikan dalam memperlambat proses penuaan sekaligus meningkatkan status kesehatan di masa datang.

Kini para ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison berhasil mengidentifikasi enzim kunci yang disebut Sirt3, yang menyebabkan efek signifikan tersebut dalam sel molekul. Penemuan ini membawa para ilmuwan selangkah lebih dekat untuk memahami bagaimana pembatasan kalori bisa berkorelasi dengan pencegahan penuaan.

"Ini adalah riset pertama yang secara langsung memahami bagaimana mekanisme pengurangan kalori terhadap pencegahan proses penuaan," kata profesor Tomas Prolla.

Hasil penemuan tersebut bukan hanya membantu menjelaskan terjadinya penuaan, tapi juga menyiapkan dasar terhadap diciptakannya obat yang mampu memperpanjang usia harapan hidup.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus di laboratorium diketahui pengurangan asupan kalori akan meningkatkan kadar Sirt3 yang berpengaruh pada metabolisme sehingga radikal bebas yang dihasilkan oleh mitokondria ikut berkurang.

Aktivitas berjemur di bawah matahari, merokok, makanan yang digoreng, infeksi, serta stres bisa menyebabkan radikal bebas. Sebaliknya, sayuran hijau dan serelia utuh yang kaya antioksidan bisa menetralkan radikal bebas.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month