Share Info

26 October 2010

Management atau Keroyokan

Sebagian pekerja menarik beban ke arah utara, sebagian pekerja lainnya menarik ke arah selatan. Untuk sesaat beban yang akan diangkut bergerak tidak karuan. Tapi proses tarik menarik itu hanya berlangsung sebentar, tak lama kemudian semua pekerja secara bersama-sama membawa beban ke arah yang sama.

Waktu masih anak-anak, kita sering mengamati rombongan semut yang bekerja membawa beban berupa bahan makanan ke sarangnya. Semut-semut itu bekerja seolah tak ada komando, tapi mereka dapat bekerja sama dengan baik membawa beban yang beratnya jauh melebihi ukuran badan semut. Mereka bekerja terkesan seperti keroyokan. Kadang-kadang terlihat ada sebagian anggota semut yang tak peduli pada teman-temannya yang sedang memanggul beban berat, yang lain tak ada yang kelihatan protes terhadap temannya yang tak mau membantu. Saya menduga ada juga manajemen kerja para semut.

Pengalaman mengamati semut, teringat ketika kita mengamati para pekerja di airport. Para pekerja bandara itu seolah bekerja tanpa komando, mereka menyelesaikan tugas masing-masing secara berurutan. Coba perhatikan ada sejumlah pekerja yang sedang mempersiapkan keberangkatan sebuah pesawat.

Sewaktu petugas boarding memproses penumpang masuk ke pesawat, sejumlah petugas di area parkir pesawat juga sibuk. Beberapa orang memasukkan barang dengan peralatan conveyor ke "perut" pesawat. Sementara itu ada juga petugas yang memeriksa kondisi pesawat secara umum. Setelah semua barang dan cargo masuk, si petugas menyelesaikan dengan menutup pintu pesawat. Semua berjalan mengikuti proses yang sudah standar. Persiapan pemberangkatan pesawat, tentulah sudah berdasarkan SOP (standard operation procedure) yang sudah ditetapkan.

Kita jadi terpikir antara manajemen semut dengan SOP di bandara. Yang mana yang lebih efektif diantara keduanya. Jangan-jangan ilmu manajemen modern sebenarnya "mencuri" ilmu manajemen semut.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month