Share Info

1 August 2011

Investasi yang Benar-benar Aman? Tidak Ada!

Pimpinan perusahaan reasuransi global, Munich Re, Nikolaus von Bomhard mengungkapkan saat ini sudah tidak ada lagi 'investasi yang benar-benar aman', menyusul krisis anggaran dan utang yang membelit kawasan Eropa dan juga Amerika Serikat.

"Surat berharga negara bukan lagi apa yang seharusnya menjadi sebuah investasi yang aman dalam semua hal," ujar Bomhard dalam wawancaranya dengan Sueddeutsche Zeitung seperti dikutip dari AFP, Senin (1/8/2011).

Masalah krisis di Eropa dan kemungkinan gagal bayar AS telah membayangi pasar finansial global. Pasar saham terus merosot, sementara nilai tukar dolar AS melemah meski imbal hasil surat utang tidak terlalu terguncang. Investasi yang justru melonjak adalah emas yang terus menciptakan rekor terbarunya.

Menurut Bomhard, kemungkinan Eropa tidak bisa lagi bertahan menghadapi krisis lebih lanjut. Eropa tidak dapat menanggung lagi krisis baru dan 'obat' baru untuk krisis seperti usaha-usaha yang dilakukan untuk mempertahankan perekonomian Yunani.

Sedangkan AS kini hanya memiliki waktu yang sempit sebelum tenggat waktu penyelesaian masalah kenaikan batas utang pada 2 Agustus. Namun Pemimpin Senat AS, Harry Reid telah memberikan lamu hijau untuk rancangan kenaikan batas utang setelah melakukan pembicaraan dengan rekannya dari partai Demokrat.

"Ada beberapa isu yang telah dipecahkan dan kita harus mengerti bahwa belum ada kesepakatan yang dibuat. Kami optimistis sebuah kesepakatan bisa tercapai, namun kita belum sampai disana," ujar Reid.

Perekonomian AS mencapai batas utang pada 16 Mei dan telah menggunakan penyesuaian belanja dan akuntansi, termasuk penerimaan pajak yang melebihi target, sehingga anggaran tetap beroperasi normal. Namun hal itu hanya bisa dilakukan hingga sebelum batas waktu 2 Agustus.

[Source : esq-news.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month