Share Info

20 June 2011

Lolos Seleksi Kampus Asing Idamanmu

Jika kamu sekarang sedang menyiapkan aplikasi untuk melamar ke salah satu kampus asing, pastikan kamu membaca tips berikut.

Berkas aplikasi kuliah di luar negeri biasanya berisi banyak hal mulai dari surat lamaran, transkrip nilai, ijazah, surat rekomendasi, hingga berbagai sertifikat pendukung.

Associate Dean dari Iowa State University (ISU) Linda Serra Hagedorn dalam kunjungannya ke Indonesia baru-baru ini mengingatkan, yang tidak kalah penting dari keseluruhan berkas lamaran tersebut adalah personal statement. Dia pun memberi saran, para pelamar sebaiknya memperkuat personal statement mereka. Sebab, personal statement adalah surat yang akan menceritakan siapa dirimu sesungguhnya.

"Anda tidak perlu bercerita tentang nilai-nilai atau prestasi Anda di kampus. Kami sudah memiliki data itu dari transkrip nilai yang Anda kirimkan. Ceritakanlah tentang pribadi Anda, apa yang membuat Anda unik dan menjadi kandidat kuat untuk diterima di kampus kami," kata Hagedorn kepada okezone, belum lama ini.

Wanita yang mengampu berbagai mata kuliah sains ini menjelaskan, melalui personal statement, seorang calon mahasiswa berkesempatan meyakinkan pihak kampus untuk menerimanya, dan bukan menerima orang lain.

"Seluruh proses aplikasi sangat penting. Tapi kami memang memberi perhatian pada personal statement dan bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda," wanita bermata coklat ini mengimbuhkan.

Hagedorn memaparkan, tiap kampus menerima ribuan aplikasi tiap tahunnya. Aplikasi seseorang hanya akan menjadi tumpukan sebelum diproses. Dia menyarankan calon mahasiswa untuk menelepon pihak kampus dan membicarakan aplikasi mereka. Dengan demikian, pihak kampus akan 'terpaksa' memberi perhatian lebih pada aplikasi tersebut.

"Ini hal yang baik. Jadi, jangan segan dan malas bangun di tengah malam, karena perbedaan waktu, untuk menelepon kami dan bicara tentang aplikasi Anda. Sebab, ini menunjukkan betapa Anda memang ingin menuntut ilmu dan menjadi bagian kampus kami. Kami selalu menghargai semua usaha para pelamar karena itu juga menunjukkan kegigihan mereka," kata Hagedorn.

[Source : okezone]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month