Share Info

29 April 2011

Menyingkap Rahasia Orang Sukses

Mungkin banyak di antara Anda yang bingung bila ditanya ”Apa arti sukses bagi Anda?” Jangan dianggap sepele, bila Anda belum bisa mendefinisikan arti kesuksesan itu sendiri, sudah pasti akan sulit bagi Anda untuk mencapainya. Contohnya bila Anda ditanya “di mana letak Pulau Hayman?” dan Anda tidak tahu serta tidak berusaha untuk mencari tahu, bisa saja Anda salah membeli tiket penerbangan dan tiba di Pulau Hainan, Cina misalnya.

Bila Anda mau sukses (bukan hanya sekedar ingin), Anda harus tahu dulu artinya. Menurut kamus Oxford Advanced Learner, success (kesuksesan) = the fact that you have achieved something that you want and have been trying to do or get. Sukses adalah kondisi di mana Anda telah mencapai sesuatu yang Anda inginkan dan telah Anda coba untuk lakukan/peroleh. Dengan demikian, bagi saya pribadi, sukses merupakan pencapaian yang bertahap, tidak ubahnya dengan sebuah perjalanan.

Contoh : pada awalnya kemampuan internet Anda hanya sebatas membuka email, browsing dan chatting. Tetapi karena Anda ingin meningkatkan keahlian, Anda pun berusaha belajar ngeblog dan dalam waktu sebulan, Anda sudah memiliki blog pribadi. Itu adalah sebuah kesuksesan, dari tidak mengerti blogging sampai punya blog. Setelah memiliki blog, Anda pun berusaha masuk ke berbagai komunitas, promosi online maupun offline, membina network sebanyak mungkin, serta meningkatkan kredibilitas. Kerja keras Anda membuahkan hasil! Dalam waktu 3 bulan, Anda akhirnya mendapat order pertama. Suatu kesuksesan lagi, dan akan terus meningkat selama Anda tidak berhenti menginginkan pencapaian.

Di dalam buku Financial Revolution, Tung Desem Waringin mengatakan bila kita mau sukses, belajarlah dari yang terbaik di bidang yang kita inginkan. Tanyakan dua hal penting kepada mereka, yakni :

  1. Apa yang mereka lakukan untuk sukses?
  2. Bagaimana cara mereka melakukannya?

Setelah sering berinteraksi dengan banyak orang sukses di bidang yang saya tekuni (bisnis Vnet), saya berhasil menyingkap rahasia sukses mereka. Saya akan beberkan hal-hal yang dilakukan oleh mereka, yang bisa Anda tiru, yakni :

  • Bisa melihat bisnis Vnet (atau apa pun bisnis sampingan yang sedang Anda tekuni) sebagai suatu peluang untuk mengubah hidup. Artinya Anda bukan sekedar berjuang untuk mencari sesuap nasi dan bertahan hidup. Oleh sebab itu Anda harus memiliki mindset bisnis yang benar, buang jauh-jauh mindset sebagai seorang pekerja yang bekerja secukupnya, asal bisa makan dan tidak dipecat.
  • Selalu berpikir besar. Artinya Anda harus berani bermimpi untuk keluar dari keadaan Anda sekarang, berani menetapkan apa yang ingin Anda miliki dalam waktu 3, 5 atau 10 tahun yang akan datang. Jangan pedulikan orang-orang terdekat Anda, teman baik atau tetangga yang berusaha mencuri impian dan menganggap Anda gila, mimpi di siang bolong atau terlalu muluk-muluk. Jangan pernah biarkan orang lain meremehkan diri Anda tanpa seijin Anda. Kehidupan Anda di masa datang tergantung dari apa yang Anda pikirkan pada saat ini. Sulit untuk dipercaya? Percayalah!
  • Bekerja dengan target/goal setting. Artinya Anda harus menentukan apa yang hendak Anda capai dalam kurun waktu tertentu. Target yang Anda tentukan haruslah spesifik, terukur, bisa diterima dan realistis.
  • Bekerja dengan rasa memiliki. Artinya Anda akan melakukan yang terbaik untuk pengembangan bisnis Anda. Contoh : pemilik toko yang punya rasa memiliki, pasti rela datang lebih pagi dan pulang lebih telat daripada para pegawainya sampai tokonya bisa berjalan lancar tanpa banyak campur tangan dari sang pemilik.
  • Bekerja tanpa mempermasalahkan waktu. Artinya pada masa-masa membangun bisnis, ada kalanya Anda harus mengorbankan waktu berakhir pekan/liburan bersama keluarga atau jalan-jalan ke mal demi mengikuti training/seminar. Mungkin Anda harus pulang rumah lebih malam dan tidak bisa menonton TV, karena sepulang kantor Anda masih mencari prospek atau ke warnet mengurusi bisnis online Anda. Mata mengantuk dan tubuh lelah pun Anda abaikan. Itulah salah satu harga yang harus Anda bayar. Makin besar harga yang berani Anda bayar, makin cepat pula Anda akan sukses. Bila Anda sudah sukses, Anda bahkan bisa berlibur atau jalan-jalan ke mal setiap hari!
  • Bekerja dengan fokus. Artinya Anda tidak mudah terombang-ambing dengan berbagai penawaran bisnis yang menggiurkan. Bahkan tidak sedikit yang menawarkan “kemudahan”, tidak perlu bekerja, cukup daftar, duduk, diam, duit. Tidak ada yang namanya duit datang dari langit. Apapun peluang bisnis yang Anda pilih, Anda tetap harus bekerja untuk mendapatkan hasil. Bila ada tawaran yang begitu menggiurkan, saya harap Anda berhati-hati dan teliti sebelum bergabung. Saran saya, pilihlah bisnis yang terdaftar, tercanggih dan terpercaya (3T).
  • Selalu bekerja lebih baik daripada orang lain. Bila Anda ingin blog Anda lebih dikenal daripada para pesaing Anda, Anda harus promosi lebih banyak. Bila Anda ingin mendapat member lebih banyak daripada orang lain, Anda harus bercerita/prospek lebih sering. Anda akan lebih cepat berhasil bila memperkenalkan peluang bisnis kepada 10 orang dalam satu hari, daripada 10 orang dalam satu minggu. No pain, no gain. Itu sudah hukumnya.

Berita baiknya, tidak pernah ada kata terlambat untuk menerapkan rahasia ini. Bila Anda bertanya-tanya, kapan waktu yang paling baik untuk memulai? Jawabannya adalah hari ini! Don’t wait until tomorrow what you can do today!

[Source : inhousebusiness]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month