Share Info

25 April 2011

Manfaat Mensikapi Kegagalan

Banyak manfaat bila kita bisa mensikapi kegagalan, beberapa diantaranya adalah :

1. Kemampuan untuk terus hidup

Suatu kenyataan adalah bahwa jumlah kegagalan lebih banyak dari pada keberhasilan yang kita temui dalam hidup kita. Bayangkan bila kita hanya mengandalkan kemajuan hidup kita dengan keberhasilan yang kita dapat, sedikit atau mungkin tidak ada kemajuan sama sekali.

Kalau kita bisa menjadi lebih baik akibat kegagalan kita, bayangkan kemajuan yang akan kita dapat, bisa besar atau tidak terbatas. Dalam berjalannya waktu, kemampuan hidup kita pun akan meningkat karena selalu ada hal yang bisa kita pelajari dari setiap kegagalan kita.

"Sebab sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"(Alam Nasyrah [94]: 5-6)

2. Salah satu indikator sukses

Banyak definisi sukses bagi setiap orang, tapi selalu berdasarkan prinsip yang sama. Orang orang sukses memahami bahwa sukses itu bukanlah akhir perjalanan, tapi merupakan suatu proses pencapaian. coba kita pakai contoh cerita restaurant supaya lebih jelasnya.

“anda diundang suatu pesta, tapi entah kenapa sang pengirim tidak menyebutkan namanya. Berhubung nama anda tertera di undangan tersebut, anda datang juga. sesampai di restaurant, terdapat banyak sekali orang bersuka cita, bercanda dan bernyanyi bersama sama dalam rangka merayakan keberhasilan seseorang.. yang tentunya adalah orang yang mengundang anda.

sayangnya, anda tidak bisa melihat orang tersebut karena dikelilingi banyak sekali rekan, teman dan keluarganya yang sedang mendengarkan kisah suksesnya yang mendebarkan. Sedikit demi sedikit anda mendengar kekaguman dari beberapa orang pendengar seperti "wah, hebat ... kok kamu bisa sih ... luar biasa ... "

Alangkah terkejutnya anda setelah berhasil memasuki kerumunan tersebut, orang nya begitu percaya diri, penuh keyakinan, rapih, mempesona, dan berpenampilan seperti layaknya orang kaya. Pada kenyataannya bukan hal itu yang membuat anda terkejut, tapi orang sukses yang mengundang anda ternyata adalah ... diri anda sendiri”.

Itulah rasanya bila kesuksesan anda raih tanpa perjalanan, tidak ada nilai yang berharga didalamnya, anda tidak merasakan kebahagiaan, kesenangan, kepuasan dan keharuan di hari perayaan itu, tapi justru mengerti saja bahwa itu adalah hari perayaan keberhasilan prestasi seseorang. Kegembiraan yang terjadi di hari perayaan itu akibat harga yang kita bayar selama proses perjalanan pencapaian terjadi sebelumnya... dan proses itu hanya terdapat di HARI INI.

Jadi selama kita membayar harga kesuksesan di hari ini, salah satunya mensikapi kegagalan, maka hal ini adalah suatu tanda bahwa sebagian kecil kesuksesan besar di masa depan, telah kita capai di hari ini.


[Source : kepribadian-malwa.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month