Share Info

15 October 2011

Manajemen Waktu


Apa Itu Manajemen Waktu?

Sebenarnya saya lebih suka dengan istilah manajemen aktivitas dibandingkan dengan manajemen waktu, tetapi karena populernya manajemen waktu, maka kita gunakan istilah ini saja. Namun, konsepnya akan fokus pada manajemen aktivitas kita dalam mengisi waktu-waktu yang kita lewati. Waktu itu sudah tidak bisa diapa-apakan lagi, tetap 24 jam, semua orang punya waktu 24 jam, namun hasilnya berbeda-beda.
Orang kaya punya waktu 24 jam sehari, begitu juga orang miskin. Padahal, sama-sama mencari uang. Apa yang membedakan? Perbedaanya ialah pada kualitas dan kuantitas aktivitas selama 24 jam tersebut. Jadi, bukan waktu yang diatur, tetapi aktivitas kita lah yang diatur dalam mengisi waktu. OK, ini yang kita maksud dengan istilah manajemen waktu.

Urgensi Manajemen Waktu

Kenapa manajemen waktu begitu penting? Alasan terpenting adalah karena waktu kita tidak akan pernah kembali. Sekali lewat, tidak akan pernah kembali lagi. Untuk itulah kita harus benar-benar mengoptimalkan waktu yang kita miliki. Saya jika terlewat begitu saja tanpa arti dan kita tidak akan pernah memilikinya lagi.
Sekarang adalah sekarang, berbeda dengan kemarin dan besok. Anda hanya punya satu kali kesempatan untuk memanfaatkan waktu saat ini. Karena besok sudah berbeda, besok adalah kesempatan untuk memanfaatkan waktu besok (jika ada umur).
Alasan kedua ialah tentang nilai waktu. Setiap waktu yang terlewat memiliki nilai. Jika Anda menyia-nyiakan waktu, maka Anda menyia-nyiakan nilai tersebut. Orang barat mengatakan time is money, ini benar jika kita bicara bisnis atau mencari nafkah. Jika Anda bermalas-malas mencari nafkah artinya melewatkan uang begitu saja. Kemudian Anda mengeluh, padahal Anda sendiri yang melewatkan kesempatan yang diberikan Allah kepada Anda.
Dalam konteks ibadah, waktu adalah pahala. Saat Anda melewatkan waktu tanpa pahala, artinya Anda menyia-nyiakan peluang mendapatkan pahala, padahal waktu tidak akan pernah kembali. Kesempatan menggunakannya hanya satu kali.

Selalu Ada Aktivitas

Sebenarnya, kita ini selalu ada aktivitas. Tidur adalah aktivitas. Melamun adalah aktivitas.  Nonton TV adalah aktivitas. Bekerja adalah aktivitas. Berdagang adalah aktivitas. Yang membedakan adalah nilainya. Artinya Anda harus mampu memilih aktivitas yang benar-benar akan memberikan nilai terbaik bagi Anda. Inilah inti dari manajemen waktu.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month