Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

July 27, 2012

Hewan yang Berhasil Menginspirasi Manusia

July 27, 2012
Lalat (Mata Lalat Inspirasi Kamera Pendektesi Gerak)
Pernah terpikirkan gak sih oleh kalian kalau ternyata kamera pendeteksi gerak itu ternyata terinspirasi dari seekor hewan yang sering kali kita mengggu dan berbunyi ngiiiing saat ia sedang terbang yaitu Lalat. Hewan yang berhabitat di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah ternyata bermanfaat juga loh walaupun hewan ini sangat bersahabat dengan kotoran tapi bisa mata dari yang mereka miliki bisa menjadi inspirasi dari para ilmuwan untuk membuat sebuah kamera pendektesi gerak. Kamera ini dapat mendeteksi gerak dari sebuah objek dan kamera bergerak mengikuti arah gerakan dari objek. Tangkap lalat dan letakkan matanya di bawah mikroskop. Struktur matanya menjadi inspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor target untuk peralatan militer, maupun radar.
 Sebab, mata seekor lalat diketahui mampu melihat gerakan objek dengan jelas di antara benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan karena serangga tersebut dapat menyatukan gambaran suatu objek yang mendapatkan tingkat pencahayaan berbeda-beda. Kamera konvensional umumnya hanya bersandar pada satu tingkat pencahayaan.  Misalnya, melihat gerakan seseorang di antara rerimbunan pohon. dengan memfokuskan pandan di sekitar gerakan, mata lalat dapat melihat perpindahan objek secara utuh.  Ternyata banyak hal-hal kecil seperti ini yang kita tidak ketahui ya? Padahal efek dari hal-hal kecil tersebut dapat berdampak baik untuk perkemban kebutuhan manusia, baik dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya. 

Kecoa (Kaki Kecoa jadi inspirasi membuat robot yang bisa berlari dengan cepat)

Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa kecoa adalah serangga paling menjijikkan di dunia. Namun tahukah anda? Para ilmuwan sangat kagum pada serangga yang satu ini. Mereka setuju bahwa kecoa memiliki kaki hasil evolusi yang unik. Enam kaki yang dimiliki kecoa membuat mereka dapat bergerak secara mengagumkan dan berlari cepat. Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan di Oregon State University (OSU) menggunakan kecoa sebagai sumber inspirasi bagi robot pertama di dunia yang bisa berlari cepat. Robot ini bahkan disebut-sebut dapat berlari dengan mudah melewati rintan, sama seperti cara berlari kecoa.
llmuwan tak hanya ingin meniru kemampuan berlarinya saja, perilaku kecoa yang tanpa berpikir, namun dengan semangat berlari kian kemari pun menjadi inspirasi para ahli untuk menanamkan kemampuan yang sama pada robot mereka. "Penemuan terbaru menggarisbawahi bagaimana hewan menggunakan kaki untuk mengatur penyimpanan dan pengeluaran energi, dan mengapa hal ini begitu penting untuk stabilitas berlari," kata asisten profesor John Schmitt dari School of Mechanical Industrial and Manufacturing Engineering di OSU. "Kecoa tidak perlu berpikir saat mereka berlari, sebagai tinya mereka lebih sering menggunakan tindakan otot yang tidak memerlukan kontrol reflek," tambahnya. Schmitt menjelaskan bahwa kemampuan ini merupakan bagian yang tengah diupayakan para ilmuwan agar bisa ada pada sebuah robot. dengan kemampuan ini, robot bisa bergerak lebih cepat tanpa mengeluarkan energi yang besar dan memperhitungkan kekuatan yang mereka butuhkan. "Jika kita bisa mengembangkan sebuah robot yang berlari dengan cepat, robot tersebut tidak akan memerlukan terlalu banyak kemampuan komputasi dan energi untuk bisa berlari," tandas Schmidtt.

Udang Mantis (Mata udang mantis menginspirasi pembuatan teknologi 3D)

Saat ini kita seringkali mendengangar kata tiga dimensi atau 3D. apa yang anda bayangkan saat mendengangar kata tersebut? Mungkin film 3D, TV 3D, ponsel 3D, game 3D atau perangkat lain dengan teknologi 3D yang ada di rumah atau di sekitar anda. Sebenarnya apa definisi dari 3D tersebut? Menurut kamus kata 3D (tiga dimensi) adalah suatu bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar dan tinggi. Untuk menampilkan efek 3D pada suatu objek maka suatu gambar/film akan terlihat memiliki kedalaman dan perbedaan ruang antara suatu objek dengan objek yang lain. Teknologi 3D memungkinkan pemirsa menyaksikan tayan televisi atau film secara lebih nyata. Dimensi yang disuguhkan membuat pemirsa seolah-olah berada pada saat yang sama dengan objek yang ditontonnya. 
Tahukah anda kalau ternyata teknologi 3D terinspirasi dari seekor binatang kecil yang bernama udang mantis. Udang mantis (Odontodactylus scyllarus) ternyata tidak cuma memiliki tampilan yang mengesankan, tapi juga dikaruniai kemampuan ‘menangkap’ cahaya yang terpolarisasi yang menjadi dasar pengemban teknologi 3D. Jika manusia hanya dapat melihat dengan kombinasi 3 warna primer, mata udang mantis dapat membedakan dengan kombinasi 11-12 warna primer. Selain itu, udang mantis juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya berbeda-beda dari polarisasi cahaya. Hal ini menginspirasi seorang Profesor Elektro-Optikal dari National Taipei University of Technology, Taipei bernama Jen Yi-jun untuk mengembangkan material baru dengan struktur mirip lensa mata udang mantis yang disebut waveplate. Menurut Jen, material tersebut bisa digunakan untuk mem-filter cahaya dengan spektrum yang lebih luas dari piranti optik pada DVD player yang ada saat ini. dengan inovasi ini, penggemar film nantinya bisa menonton film 3D dengan kualitas lebih baik. Ke depan, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan kacamata 3D sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik. Hebat ya ternyata seekor udang bisa menginspirasi sebuah teknologi luar biasa yang sedang tren saat ini . 

Lumba-lumba (Sonar lumba-lumba menginspirasi pembuatan radar kapal selam)

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembua tan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. 
Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba. Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Capung (Capung menginspirasi pembuatan helikopter)

Ilmuwan yang tak terhitung jumlahnya telah mencoba membuat mesin terbang yang lebih baik sampai akhirnya mereka mampu membuat mesin terbang terkini dengan disainnya yang mengagumkan. Dan tahukah kamu bahwa yang dijadikan model untuk pembuatan ini adalah hewan capung? Hewan yang mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa ini memang mengagumkan capung dapat melayang pada posisi tetap di udara atau mendarat di tempat yang diinginkan adalah sama pentingnya dengan kemampuan terbang itu sendiri. 
Sayap Capung, Inspirasi atap Stadium Munich Ilympic
Untuk itulah, manusia merancang pesawat terbang dengan kemampuan manuver yang tinggi, yaitu helikopter. Helikopter mampu melayang di udara pada posisi tetap dan lepas landas secara tegak lurus. Karena keuntungan militer inilah, berbagai negara telah menyediakan dana dalam jumlah tak terbatas untuk pengemban helikopter. akan tetapi, penelitian terkini telah menemukan fakta yang sangat mencengkan. Teknologi penerban helikopter modern ternyata sangat tertinggal jauh dibanding dengan seekor makhluk mungil yang mampu terbang. Makhluk ini adalah capung, selain itu sayap capung juga menginspirasi pembangunan munich olympic stadium juga.

Tupai terbang (Sayap tupai terbang menginspirasi pembuatan wingsuit atau baju terbang)

Sebagai hewan yang dapat "terbang", tupai terbang tampaknya terdengangar biasa-biasa saja. Tetapi binatang ini sebenarnya memiliki penampilan dan kemampuan yang cukup aneh. Mereka dapat mengembangkan "sayap" dari kulit tubuh mereka dan menggunakannya sebagai alat untuk menahan udara ketika meluncur di antara pepohonan. Sebuah membran kulit yang menghubungkan dari siku ke lutut memungkinkan makhluk kecil ini meluncur dari pohon ke pohon. Setelah mendarat, ekor digunakan untuk menyeimbangkan diri untuk memastikan tupai terbang tidak jatuh ke tanah. Juga dikenal sebagai tikus terbang, tupai terbang adalah mamalia terkecil di dunia yang bisa "terbang". Selain itu, tupai terbang adalah pemeg rekor dunia untuk binatang "terbang" yang seharusnya tidak dapat terbang karena dapat meluncur sejauh 288 meter dalam sekali lompatan. 

Belalang (Satria Baja Hitan)

kalau anda hidup ditahun 90'an, anda pasti tahu, serial kamen rider black rx yang di indonesia dikenal sebagai ksatria baja hitam rx, Seorang tokoh pembela kebenaran dengan wujud seperti belalang, naik motor yang namanya "belalang tempur", dengan senjata andalan "pedang matahari". Jika diperhatiakan lebih jelas kepala dari tokoh satria baja hitam sangat mirip dengan belalang..

Belut listrik (Sumber listrik alami)
Bentuk tubuh belut listrik unik, hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Di bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempen-lempen kecil yang horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5.000 buah. Ujung ekor bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala bertindak sebagai kutub negatif. Belut listrik dapat mengatur hubun antara baterai kecil dalam tubuhnya itu untuk mendapat te listrik kecil dan te listrik besar. 
Baru baru ini Jepang inovasi yang unik dan aneh, mereka membuat sebuah pohon natal penuh lampu tapi anehnya mereka memakai tenaga listrik yang dihasilkan dari hewan, mereka mengunakan belut listrik untuk menyalahkan lampu-lampu pohon natal. Caranya cukup mudah, mereka hanya menyiapkan aquarium yang memiliki elektroda (anoda dan katoda), dan hasilnya listrik tenaga hewan siap digunakan.

Lubang anjing prairie (untuk menghindari musuh)

Prairie dog atau anjing padang rumput, sebenarnya bukan termasuk jenis anjing. Dapat mengeluarkan suara meskipun bukan menggonggong. Suara tersebut berguna untuk berkomunikasi antar sesamanya baik untuk memanggil atau memperingati yang lain jika ada bahaya yang mencam. Mereka hidup secara berkoloni yang biasanya terdiri dari seekor jantan dengan banyak betina. Mencapai ukuran tubuh sampai 40cm dengan berat 1,5kg. 
 Penyebarannya mulai dari amerika, Canada dan Mexico. Memakan aneka sayur dan buah-buahan. Jika ingin memelihara, sebaiknya jan langsung di tanah, karena hewan ini pintar menggali sampai kedalaman 5meter dan membuat terowon sampai 30meter. Terowongan yang dibuat berfungsi untuk menghindar dari pemangsa seperti anjing,struktur terownnya sangat rumit,bercabang-cabang ke segala arah,yang membuatnya sulit untuk di tangkap.

Harimau (Teknik kamuflase pada baju militer)

Harimau dikenal sebagai kucing terbesar, harimau pada dasarnya mirip dengan singa ukurannya, walaupun sedikit lebih berat. Beda subspesies harimau memiliki karakteristik yang berbeda juga, pada umumnya harimau jantan memiliki berat antara 180 dan 320 kg dan betina berbobot antara 120 dan 180 kg. Panjang jantan antara 2,6 dan 3,3 meter, sedangkan betina antara 2,3 dan 2,75 meter. Di antara subspesies yang masih hidup, Harimau Sumatera adalah yang paling kecil dan Harimau Siberia yang paling besar.
Loreng pada kebanyakan harimau bervariasi dari coklat ke hitam. Bentuk dan kepadatan lorengnya berbeda-beda subspesies satu dengan yang lain, tapi hampir semua harimau memiliki lebih dari 100 loreng. Harimau Jawa yang sekarang sudah punah kemungkinan memiliki loreng yang lebih banyak lagi. Pola loreng unik setiap harimau, dan dapat digunakan untuk membedakan satu sama lain, mirip dengan fungsi sidik jari yang digunakan untuk mengindengantifikasi orang. Ini bukan, bagaimanapun juga, metode pengidengantifikasian yang disarankan, terkait kesulitan untuk merekam pola loreng pada harimau liar. Sepertinya fungsi loreng adalah untuk kamuflase, untuk menyembunyikan mereka dari mangsanya.

Katak (Kaki katak inspirasi Sepatu Renang)

Katak ialah sejenis hewan amfibia dalam susunan anura (bermaksud "tidak berekor", dari bahasa Greek: an-, tanpa + oura, ekor), dahulunya disebut Salientia (bahasa Latin saltare, "melompat"). Katak dewasa bercirikan kaki belakang yang panjang, badan yang pendek, jari berselaput, mata jong dan tidak memiliki ekor. Katak biasanya bertelur di kolam atau air yang tenang; dan larvanya, yaitu berudu, berinsang dan bertumbuh dalam air. Katak dewasa merupakan haiwan maging yang gemar memakan haiwan artropod (terutamanya serangga), annelid dan gastropod. 
Katak paling dikenali dengan bunyi menguaknya yang bisa kedengangaran  siang atau malam, terutamanya ketika musim hujan. Katak adalah hewan yang bisa hidup di darat maupun di air.hewan ini juga sangat pandai dalam berenang,ini dikarenakan pada kaki belakang katak terdapat selaput yang dapat menghasilkan doron ketika dia berenang. Nah tahukah kamu bahwa kaki belakang katak inilah yang menjadi model dalam pembuatan alat menyelam / berenang manusia. Fungsinya sama seperti kaki katak, untuk memberikan doron lebih saat berenang didalam air sehingga memudahkan penyelam mengarungi bawah air.

Lintah (Obat bius alami)

Sungguh suatu Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan makhluk penghisap darah yang bernama “Lintah” yang sebagian orang menggap makhluk tak bertulang belakang ini sebagai binatang yang menjijikkan tapi dibalik itu semua terkandung sesuatu zat/Enzim yang sangat luar biasa dan baik bagi kesehatan manusia. Dalam proses terapi lintah, ketika lintah menghisap darah, mereka memasukan air liur yang mengadung beragam zat kimia aktif alami. apa yang terjadi pada darah anda, ketika lintah menghisap selama 1-2 jam? Telah terjadi campuran yang kompleks, antara darah anda dengan zat-zat 
1. Hirudin : masuk kedalam coagulant (darah kental) melalui pengikatan thrombin ( faktor dalam thrombin yang berupa enzyme ). Darah kental biasa keluar dari lubang gigitan, bersama darah cair.
2. Anti infeksi : ( pinicilin ) untuk menjaga terjadinya enfeksi.
3. Calin : berada didarah kental yang memblokir “factor von wilebrand”, dan berfungsi sebagai zat perantara (mediator) dalam proses agregrasi struktur darah yang disebut platelet.
4. Destabilase : aktifitas monomerizing. Melumatkan vibrind ( produk akhir dari proses pengentalan darah ).
5. Hirustasin : berada di enzim kalikrein; enzim trypsin yang berfungsi sebagai pelembutan protein menjadi peptone, untaian peptine, peptidase, dst. Peptidase merupakan enzim didalam pencernaan dan usus.
6. Bdellins : zat yang mengurangi radang kulit merah, bengkak, sedikit dan gatal yang dialami sekitar 3-4 hari.
7. Hyaluronidase : zat anti biotic sehingga “badan lintah” yang dianggap kotor tidak menyebabkan infeksi.
8. Anesthetic Substance : penghilang rasa sakit setempat.
9. Triptase Inhibitor : berada di enzim proteolytic dari mast cells dari suatu jarin cyptoplasmic granule (mendung heparin, hisatmine dan serotonin) yang dilepas saat mengalami pembengkakan dan alergi.
10. Egllins : zat anti pembengkakan.
11. Faktor xainhibitor : zat aktif darah anti kental (anti-koagulan).
12. Complement Inhibitors : zat pengti zat lain, jika ada kekuran.
13. Carboxypeptydase alnhibitors : meningkatkan aliran darah disekitar lokasi gigitan.
14. Histaminlike subtance : berfungsi sebagai fosoldilator mengembangkan pembuluh darah sehingga hingga aliran darah lebih lancar.
Di negara maju seperti AS dan Inggris, serta Jerman zat Hirudin diakui lebih aman dibanding dengan obat pencair darah buatan ( kimia ), karena efek sampingnya sangat minim.

Monyet Thomas (Gaya Rambut Mohawk)
Thomas atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Kedhi merupakan pelompat terbaik, mereka bisa lompat dari satu pohon ke pohon lain, tanpa jatuh ke tanah. Thomas ini tidak agresif, jadi jika memungkinkan anda bisa beri makan langsung. Jenis monyet ini memiliki rambut gaya Mohawk. Monyet ini merupakan salah satu penghuni Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan Kemegahan dan Kekayaan Hutan Lebat

 Ayam (Cakarnya menjadi Model pembangunan pondasi)
Prof Dr Ir Sedijatmo tahun 1961 ketika sebagai pejabat PLN harus mendirikan 7 menara listrik te tinggi di daerah rawa-rawa ancol Jakarta. dengan susah payah, 2 menara berhasil didirikan dengan sistem pondasi konvensional, sedangkan sisa yang 5 lagi masih terbengkelai. Menara ini untuk menyalurkan listrik dan pusat tenaga listrik di Tanjung Priok ke Gelangg Olah Raga Senayan dimana akan diselenggarakan pesta olah raga asian Games 1962. Karena waktunya sangat mendesak, sedangkan sistem pondasi konvensional sangat sukar diterapkan di rawa-rawa tersebut, maka dicarilah sistem baru ,Lahirlah ide Ir Sedijatmo untuk mendirikan menara di atas pondasi yang terdiri dari plat beton yang didukung oleh pipa-pipa beton di bawahnya. Pipa dan plat itu melekat secara monolit (bersatu), dan mencengkeram tanah lembek secara meyakinkan.
 Oleh Sedijatmo, hasil temuannya itu diberi nama sistem pondasi cakar ayam, karena bentuknya yang menyerupai kaki ayam. Menara tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya, dan tetap kokoh berdiri di daerah ancol yang sekarang sudah menjadi ka wasan industri. Bagi daerah yang bertanah lembek, pondasi cakar ayam tidak hanya cocok untuk mendirikan gedung, tapi juga untuk membuat jalan dan landasan. Satu keuntungan lagi, sistem ini tidak memerlukan sistem drainase dan sambungan kembang susut. Pondasi cakar ayam terdiri dari plat beton bertulang yang relatif tipis yang didukung oleh buis-buis beton bertulang yang dipasang vertikal dan disatukan secara monolit dengan plat beton pada jarak 200-250 cm. 
Tebal pelat beton berkisar antara 10-20 cm, sedang pipa-buis beton bertulang berdiameter 120 cm, tebal 8 cm dan panjang berkisar 150-250 cm. Buis-buis beton ini gunanya untuk pengaku pelat. Dalam mendukung beban bangunan, pelat buis beton dan tanah yang terkurung di dalam pondasi bekerjasama, sehingga menciptakan suatu siatem komposit yang di dalam cara bekerjanya secara keseluruhan akan idengantik dengan pondasi rakit ralft foundation. Banyak bangunan yang telah menggunakan sistem yang di ciptakan oleh Prof Sedijatmo ini, antara lain: ratusan menara PLN te tinggi, hangar pesawat terbang dengan bentan 64 m di Jakarta dan Surabaya, antara runway dan taxi way serta apron di Bandara Sukarno-Hatta Jakarta, jalan akses Pluit-Cengkareng, pabrik pupuk di Surabaya, kolam renang dan tribune di Samarinda, dan ratusan bangunan gedung bertingkat di berbagai kota. Sistem pondasi cakar ayam ini telah pula dikenal di banyak negara, bahkan telah mendapat pengakuan paten internasional di 11 negara, yaitu: Indonesia, Jerman Timur, Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Kanada, amerika Serikat, Jerman Barat, Belanda dan Denmark.

 Laba-laba (Baju anti peluru)
Hewan ini merupakan kelompok dari invertebrata dan termasuk kedalam filum anthropoda. Dalam filum arthopoda, laba-laba masuk ke dalam kelas arachnoidea yang hidup bebas dan bersifat karnivora dengan menusuk dan menghisap cairan tubuh mangsanya. Laba-laba termasuk ke dalam ordo arachnida dengan ciri yaitu abdomen yang tidak bersegmen dan memiliki kelenjar racun pada keliseranya. Jaring laba-laba tersebut memiliki banyak keistimewaan yang membuat para ilmuwan meneliti dan mencari inovasi baru yang berkenaan dengan kesejahteraan hidup manusia. Ilmuwan menggunakan benang laba-laba sebagai model ketika membuat bahan yang dinamakan Kevlar. 
Peluru berkecepatan seratus lima puluh meter per detik dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya, kecuali barang yang terbuat dari Kevlar. Tetapi, benang laba-laba sepuluh kali lebih kuat daripada kevlar. Benang ini juga lebih tipis dari rambut manusia, lebih rin dari kapas, tapi lebih kuat dari baja, dan ia diakui sebagai bahan terkuat di dunia. Jaring sutera laba-laba adalah material yang sangat kuat, 20 kali lebih kuat daripada baja dan dua kali lebih lentur dari pada serat poliamide. Dapat diregkan hingga 31% tanpa patah, lebih lentur daripada serat aramid, lebih halus daripada rambut manusia dan lebih ringan daripada katun. Material ini seperti sehelai pensil tebal yang dapat menghentikan pesawat Boeing 747 seketika pada saat sedang terbang. Sutera laba-laba ini tersusun lebih dari 50% protein terpolimerisasi yang disebut fibroine dengan berat molekul antara 200.000 – 300.000.

Jaring laba-laba Inspirasi Fashion
Aplikasi dan manfaat jaring laba-laba 
Secara garis besar pemanfaatan jaring laba-laba dibagi menjadi tiga kelompok;
a) Sebagai bahan tekstil
Jaring laba-laba mempunyai keistimewaan yaitu kuat dalam menahan tekanan dan memiliki elastisitas yang baik, sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan tekstil seperti rompi anti peluru, pakaian yang resistant terhadap robekan, sabuk pengaman, parasut dan jaring.
b) Sebagai bahan polimer yang ramah lingkun
Jaring laba-laba memiliki sifat bioaktif yang baik terhadap lingkun sehingga sangat baik untuk bahan polimer pembuatan plastic atau fiberglass contohnya botol biodegradable.
c) Sebagai bahan biomedis
Karena memiliki sifat anti bakteri dan biocompatible, sehingga dapat dimanfaatkan dalam medis sebagai benang jahit pada pembedahan, bahan perekat pada tendon, serta bahan untuk pembuat ligament buatan.

Berang-berang (Pembuatan Bendungan)

Arsitektur adalah bidang di mana konsep seni dan estetika yang ditanamkan Tuhan dalam diri manusia dapat terlihat. Tapi tahukah anda, ternyata masih terdapat banyak arsitek di alam ini yang sama terampilnya dengan manusia? Salah satu dari sekian banyak contoh yang ada adalah berang-berang. Berang-berang adalah mamalia semi-akuatik (atau akuatik, pada salah satu jenisnya) pemakan ikan. Berang-berang terdiri dari beberapa marga anggota anak-suku Lutrinae, yang bersama dengan jenis-jenis sigung (badger), biul, dan pulusan (weasel) membentuk suku Mustelidae. dengan tiga belas spesies dalam tujuh genus, berang-berang memiliki penyebaran hampir di seluruh bagian dunia kecuali australasia. 
 Mereka umumnya memakan hewan-hewan akuatik, terutama ikan dan kerang-keran, serta hewan-hewan invertebrata lainnya; namun juga amfibi, burung, dan mamalia kecil. Tujuan berang-berang membangun bendun yang besar ini adalah untuk mendapatkan danau dengan air yang tenang di mana mereka dapat membuat sarang. Mereka juga membuat sarang ketika mereka sedang membangun bendun. Sarang tersebut terletak di salah satu sisi danau, di suatu tempat yang dekat dengan tepian. Sarang ini, yang terlihat seperti gundukan kayu jika dilihat dari atas, ternyata didisain dengan sangat rapi. Danau kecil yang dibentuk berang-berang kadang dapat mencapai kedalaman tiga sampai empat meter. Mereka sebenarnya tidak memerlukan air sedalam ini untuk membangun sarang mereka. Kalau begitu, mengapa mereka membuat danau sedemikian dalam?
Buatan Manusia
Buatan Berang-berang
Jawaban atas pertanyaan ini tampak nyata pada musim dingin. Pada musim dingin, permukaan air membeku dan membentuk lapisan es yang lumayan tebal. Jika danau tidak cukup dalam, danau akan membeku hingga ke dasar, dan segala yang ada akan memjadi bongkahan es, dan ini akan melumpuhkan kemampuan berang-berang untuk bergerak. Berang-berang, seolah tahu akan hal ini dan berusaha membuat danau kecil tersebut sedalam mungkin. dengan demikian, di musim dingin, lapisan air yang tebal tersisa di bawah es. Ini cukup bagi berang-berang untuk dapat bergerak di dalam air dan mendapatkan makan. Jika seseorang berpikir tentang hal ini, akan jelas bahwa apa yang dilakukan oleh berang-berang sangatlah luar biasa. Makhluk kecil ini berhasil mengerjakan sesuatu yang kebanyakan orang tidak mampu melakukannya tanpa pendidikan dan pelatihan khusus. Jadi, siapakah yang menjadikan mereka mampu melakukan hal ini? Adalah mustahil mengatakan bahwa berang-berang adalah makhluk yang memiliki kecerdasan istimewa. Jadi, bagaimana binatang kecil ini merencanakan sarangnya dengan terowon masuk istimewa ke dalam air, dan dilengkapi lubang angin? Bagaimana mereka tahu cara membuat bendun dengan disain yang sama seperti pusat-pusat pembangkit listrik tenaga air paling modern di dunia? Atau memang manusialah yang belajar dari kehebatan mereka. Hebatnya lagi hewan ini hanya mengunakan bahan seperti ranting dan bahan-bahan lain yang disediakan alam disekitar sungai,tetapi bendun yang meraka buat dapat bertahan berdiri dengan kokoh membendung aliran air.mantap ya   jadi tidak salah kalau banyak rancan bendun yang di dunia ini meniru sistem bendun yang dibuat berang-berang

Kanguru (Jumpling Stilt dan Gendongan Bayi)

Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas australia. Kata kanguru diambil dari bahasa aborigin gguru. Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau kadang-kadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun. Hewan yang suka melompat ini, kakinya menginspirasi manusia untuk membuat sepatu yang memudahkan kita berjalan sambil melompat tanpa terlalu membebani persendian dan bisa menjadi olahraga extreme.  Jumping stilts, adalah suatu olahraga yang dapat membuat pemainnya melenting dan melakukan berbagai macam trik di udara. dengan menggunakan alat seperti per di kedua kaki – yang akan melentingkan penggunanya, pemain jumping stilts bisa melenting bebas di udara sambil melakukan beberapa trik atau akrobat yang dapat memacu adrenalin. 

 Satu lagi, semua orang pasti tahu, kalo kangguru punya kantong di perut depan nya dan itu menginspirasi manusia tuk membuat alat mengendong yang sama.







[Source : http://bukucatatan-part1.blogspot.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator