Share Info

25 January 2011

Mitos Seputar Olahraga yang Perlu Anda Ketahui

Banyak mitos di seputar dunia fitnes dan olahraga. Beberapa di antaranya benar, namun tak sedikit juga yang kurang tepat. Jangan sampai olahraga dan fitnes Anda sia-sia karena mengikuti mitos yang keliru.

Dikutip dari Sofeminine, para ahli dan instruktur fitnes menguraikan lima mitos paling umum seputar olahraga dan fakta sebenarnya:

1. Olahraga di Pagi Hari Lebih Efektif
Faktanya, lakukan olahraga menurut waktu yang sesuai dengan aktivitas harian Anda. Jika dilakukan secara rutin, olahraga akan memberi hasil yang sama maksimal baik di pagi, siang, sore atau malam hari. Beberapa orang memilih olahraga di pagi hari agar tubuh lebih fit sebelum menjalani aktivitas seharian. Sementara bagi sebagian orang lebih suka latihan fisik di malam hari atau setelah beraktifitas untuk hilangkan stres. Perlu diketahui, yang terpenting dalam olahraga adalah konsistensi dan rutinitas. Olahraga sebaiknya dilakukan antara tiga sampai 5 kali seminggu. Konsumsilah sedikit snack satu jam sebelum olahraga untuk asupan energi.

2. Anda Harus Makan Protein Segera Setelah Olahraga
Faktanya, perlunya protein atau tidak setelah berolahraga tergantung dari tujuan Anda. Protein bagus dikonsumsi setelah olahraga apabila Anda ingin membentuk otot dan mengurangi lemak. Sementara jika tujuan Anda olahraga adalah untuk menjaga kesehatan, asupan karbohidrat dan minuman energi sebelum, selama dan setelah olahraga sangat dianjurkan.

3. Cardio adalah Cara Tercepat untuk Kurangi Berat Badan
Cardio memang merupakan olahraga yang efektif membakar kalori. Dalam sekali sesi, olahraga cardio bisa membakar 300-600 kalori. Tapi cardio bukanlah cara tercepat untuk mengurangi berat badan. Cara tercepat mengurangi berat badan adalah diet. Akan lebih mudah mengurangi 1.000 kalori dari makanan per hari daripada membakar 1.000 kali dengan berolahraga. Namun diet tanpa olahraga bisa menyebabkan kerja metabolisme lebih lambat yang berujung bahaya pada kesehatan. Kombinasikan latihan cardio dengan diet seimbang untuk mendapatkan tubuh lebih indah, sehat dan kencang.

4. Durasi Latihan yang Lebih Lama, Hasilnya Akan Lebih Cepat
Tak diragukan lagi bahwa durasi latihan sangat berpengaruh pada hasil yang diinginkan. Tapi jika Anda menginginkan hasil yang lebih cepat, tidak cukup hanya dengan mengandalkan latihan yang lama di gym. Fitnes harus terprogram dan terencana dengan baik dan ikuti jadwalnya dengan ketat agar mendapat hasil yang lebih baik. Apabila tujuan Anda latihan di gym untuk mengurangi berat badan, maka lebih banyak kalori yang dibakar, berat badan pun akan berkurang lebih cepat.

5. Olahraga Akan Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Jadi Anda Bisa Makan Lebih Banyak
Saat berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat dan jumlah asupan makanan yang diperlukan tubuh pun akan meningkat. Masalahnya, banyak orang menyalah artikan informasi ini dan menganggap mereka bisa melahap semua makanan yang mereka mau. Bila Anda ingin menyingkirkan lemak, latihan harus disertai dengan diet sehat. Jangan rusak olahraga keras Anda dengan setangkup burger berisi daging, keju dan krim!

[Source : Wolipop]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month