Share Info

27 August 2010

Kini, Pengguna Gmail Bisa Telepon Gratis

Pengguna Gmail akan mampu melakukan panggilan ke telepon rumah dan ponsel dengan gratis secara langsung lewat email.

Keputusan Google ini dianggap sebagai cara bersaing dengan layanan Skype, At&T dan Verizon Communication.

Google sebelumnya pernah menawarkan layanan chat suara dan video antarkomputer. Namun, layanan terbaru ini memungkinkan penggunanya menelepon rumah dan ponsel secara langsung menggunakan Gmail.

Google berjanji akan memberikan layanan gratis kepada pengguna Gmail di Amerika Serikat dan Kanada selama satu tahun. Bagi pengguna di luar kedua negara ini, Google memberikan biaya yang tergolong rendah.

Contohnya, pengguna di Inggris, Prancis, Jerman, China dan Jepang akan dikenai biaya US$ 2 sen per menit.

Analis mengatakan bahwa layanan ini akan menjadi lahan kompetisi yang besar, misalnya dengan Skype. Tidak hanya itu, operator tradisional pun mulai gencar memotong biaya panggilan dalam beberapa tahun terakhir.

"Ini memberikan kekhawatiran kepada Skype. Produk Google merupakan kompetitor yang memiliki nama besar," kata Todd Rethemeier, analis dari Hudson Square.

Sama seperti Skype, layanan Google ini kemungkinan besar akan lebih populer di kalangan konsumen AS yang melakukan panggilan internasional.

"Biaya menelepon saat ini sudah sangat murah sehingga saya pikir sulit membayangkan adanya konsumen dalam jumlah besar di sektor domestik. Ini malah akan menarik perhatian pasar internasional," kata Rethemeier lagi.

Analis lain, Steve Clement dari Pacific Crest, mengatakan sebagian besar orang yang memanfaatkan telepon via internet telah memutuskan layanan telepon rumah mereka.

Google mengatakan panggilan telepon dengan layanan ini sangat mudah, seperti cara penggunaan telepon biasa. Pemilik Gmail cukup menekan tombol 'call phone' di daftar chat mereka kemudian menulis nomor yang dituju.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month