Share Info

19 May 2011

Biografi Arnold Schwarzenegger

Profil
Nama: Arnold Schwarzenegger
Nick Name:
Arnie
Tanggal lahir: 30 Jul 1947
Status:
Menikah
Zodiak: Leo
Lahir di:
Graz, Austria
Ada kaitan dengan: Maria Shriver
Situs web: http://www.schwarzenegger.com

George H. W. Bush yang menyebutnya sebagai "Conan the Republican".

Arnold Schwarzenegger adalah aktor, model, pebisnis, binaragawan, dan politisi. Saat ini, pria yang pernah bergabung dengan militer Austria tahun 1965 ini menjabat sebagai gubernur negara bagian California, Amerika Serikat (AS).

Sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi orang nomor satu di California, Schwarzenegger meniti karir di dunia binaraga. Dia meraih berbagai penghargaan sebagai binaragawan profesional. Schwarzenegger kemudian terkenal sebagai aktor dengan membintangi berbagai film seperti The Terminator, Predator, Running Man, True Lies, dan Total Recall.

Lahir pada 30 Juli 1947 di desa Thal, Graz, Austria, dia dibaptis dengan nama lengkap Arnold Alois Schwarzenegger. Ayahnya adalah seorang personel kepolisian setempat, Gustav Schwarzenegger, dan ibunya bernama Aurelia Jadrny.

Menurut Schwarzenegger, orang tuanya sangat kolot. "Hidup di Austria adalah sebuah dunia yang sangat berbeda. Kalau kita melakukan kesalahan atau tidak mematuhi orang tua, sebuah tongkat tak akan terhindarkan," katanya suatu ketika.

Schwarzenegger tumbuh dalam keluarga Katolik Roma taat yang selalu menghadiri misa setiap Minggu. Ia kemuadian menjadi seorang remaja yang disiplin dan aktif. Ayahnya mengarahkan Schwarzenegger pada olahraga, terutama sepakbola.

Ternyata dia memiliki impian lain. Pada usia 15 tahun, Schwarzenegger memilih binaraga sebagai prioritas utama. Hanya dalam beberapa tahun, Schwarzenegger dengan tubuh atletisnya berjuang dalam berbagai kompetisi angkat beban. Tahun 1965, dia memenangkan gelar juara pertamanya, Junior Mr. Europe, disusul dengan penghargaan yang sama untuk kategori dewasa pada tahun berikutnya.

Pada usia 23 tahun, Schwarzenegger meraih gelar paling prestisius dalam olahraga binaraga, Mr. Olympia. Tak tanggung-tanggung, dia menjadi peraih gelar Mr. Olympia termuda sepanjang sejarah.

Schwarzenegger memenangkan beberapa gelar amatir di Eropa sebelum menetap secara permanen di AS tahun 1967 dan menjadi Mr. Universe dua tahun kemudian. Sembari terus membantu mempopulerkan olahraga tersebut, ia mulai melangkahkan kaki di jalur film dengan membintangi film laga Hercules in New York (1970).

Saat itu, muncul nama panggilan Arnold Strong karena produser film khawatir para penonton tidak bisa melafalkan namanya. Aksen Austrianya yang terlalu tebal juga membuat suara Schwarzenegger harus disulih menggunakan suara orang lain.

Pria bertinggi badan 1,88 meter ini makin melebarkan sayap di seni peran. Tahun 1973, Schwarzenegger berperan sebagai seorang anggota gank dalam film The Long Goodbye. Menyusul gelar kelima Mr. Olympia yang diperolehnya berturut-turut pada tahun 1974.

Meski Schwarzenegger telah membintangi film-film feature, Stay Hungry (1976) merupakan debut resminya. Dia mendapat reputasi buruk dalam film dokumenter mengenai olahraga angkat berat, Pumping Iron (1977). Di film itu, sutradara George Butler mengikuti rutinitas latihan para peserta kompetisi seperti Schwarzenegger, Lou Ferrigno, dan Franco Columbu dalam perjalanan mereka menuju kompetisi Mr. Olympia 1975.

Pada tahun 1977, Schwarzenegger memenangkan Penghargaan Golden Globe Award sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik atas penampilannya dalam Stay Hungry. Bukannya memanfaatkan bintangnya yang sedang bersinar, Schwarzenegger justru mundur sedikit dari dunia gemerlap Hollywood dan menyelesaikan gelar sarjana dalam bidang ekonomi dan bisnis internasional di University of Wisconsin-Superior. Pada saat itu, Schwarzenegger sudah menjadi pengusaha sukses dan dengan bijak menginvestasikan kekayaannya di sektor perumahan.

Dia membintangi satu-satunya film televisi, The Jayne Mansfield Story, yang ditayangkan stasiun televisi CBS pada tahun 1980. Namun kesuksesan dalam seni peran tercipta saat membintangi kisah kepahlawanan Conan the Barbarian (1982) di mana dia berperan sebagai mantan budak yang beralih menjadi mesin pembunuh dan memburu Thulsa Doom (James Earl Jones), pembunuh keluarga Conan saat masih anak-anak. Conan the Barbarian adalah film yang mengantarkan Schwarzenegger menuju kejayaannya sebagai bintang film.

Setelah membintangi sekuel Conan the Barbarian, Conan the Destroyer (1984) yang ternyata kurang sukses, perjalanan Schwarzenegger mencapai puncaknya saat dia membintangi film ilmiah futuristik pada tahun 1984, The Terminator. Film yang tidak terlalu berbiaya mahal ini menjadi hit dan mengamankan status Schwarzenegger sebagai bintang internasional. Dan yang paling penting, film yang disutradarai James Cameron tersebut membuka jalan bagi banyak film bergenre laga-petualangan dengan efek-efek khusus yang mendominasi pasar pada tahun 1980-an.

Schwarzenegger pun menjadi bintang yang dianggap populer dan paling cocok memerankan tokoh utama dalam film-film bergenre tersebut. Setelah The Terminator, Schwarzenegger berakting dalam Red Sonja pada 1985 yang tenggelam tanpa bekas dan Last Action Hero.

Menyusul kepindahannya ke Hollywood untuk menjadi superstar, dia membuat sejumlah film, yakni Commando (1985), Raw Deal (1986), The Running Man (1987), dan Red Heat (1988). Dalam Predator (1987), filmnya yang juga sukses, Schwarzenegger melibatkan Jesse Ventura yang nantinya menjadi Gubernur Minnesota dan yang kemudian akan menjadi kandidat Gubernur Kentucky, Sonny Landham.

ASMARA

Kehidupan pribadi Schwarzeneggers bersinar ketika menikahi Maria Shriver, seorang jurnalis stasiun televisi NBC dan kemenakan mendiang Presiden AS, John F. Kennedy pada 26 April 1986. Masuknya Schwarzenegger ke dalam keluarga yang terpandang dalam perpolitikan AS adalah sesuatu yang oleh teman-teman masa kecilnya disebut sebagai salah satu dari tiga tujuan dalam hidup Schwarzenegger, yakni pindah ke AS, menjadi bintang film populer, dan menikahi seorang anggota keluarga Kennedy.

Saat menikah, Schwarzenegger sedang berada di pertengahan pembuatan film yang dianggap sebagai salah satu film laganya yang paling bagus, Predator (1987). Film di mana Schwarzenegger memerankan ketua unit militer tersebut dibuat sekuelnya pada 1990 yang juga laris. Pada tahun 1987, dia juga membintangi film satir, The Running Man.

Schwarzeneggers dan Shriver dikaruniai empat anak yang semuanya lahir di Los Angeles, Katherine Eunice Shriver Schwarzenegger (13 December 1989); Christina Maria Aurelia Schwarzenegger (23 Juli 1991); Patrick Arnold Schwarzenegger (18 September 1993); dan Christopher Sargent Shriver Schwarzenegger (27 September 1997). Mereka hidup harmonis dan teratur menghadiri misa di Gereja Katolik St. Monica. Schwarzenegger pernah mengatakan yakin bahwa rahasia pernikahan yang bahagia adalah kasih dan saling menghargai.

Tahun-tahun berikutnya, Schwarzenegger mulai menjauhi citranya sebagai tokoh pahlawan dengan membintangi film komedi, Twins (1988). Dia melanjutkan dengan film laga-komedi, Red Heat (1988). Meski begitu "terperosok" dalam dunia film Hollywood, Schwarzenegger tidak pernah melepaskan kaitannya dengan dunia binaraga. Pada 1989, dia mendirikan Arnold Classic, yang kemudian berganti nama menjadi Arnold Fitness Weekend, sebuah kompetisi tahunan binaraga dengan menghadirikan kontestan pria dan wanita.

Setelah berperan dalam Total Recall (1990) yang dipuji kritikus tetapi dinilai buruk oleh penonton, Schwarzenegger berhasil memperhalus citranya dengan Kindergarten Cop (1990). Lalu lanjutan The Terminator yang sudah dinanti-nanti, Terminator 2: Judgment Day dirilis tahun 1991. Terminator 2 menempatkan Schwarzeneggers sebagai salah satu aktor laga sepanjang masa, sekaligus mengakhiri masa jayanya sebagai aktor yang merosot setelah Terminator 2.

Tahun 1991, Schwarzenegger memasuki dunia bisnis. Ia bekerjasama dengan aktor dan rekannya, Bruce Willis serta Sylvester Stallone, membuka restoran Planet Hollywood di New York City.

Schwarzenegger terdaftar sebagai anggota Partai Republik selama bertahun-tahun. Sebagai seorang aktor, pandangan politiknya selalu mencolok karena kebanyakan bintang-bintang Hollywood berpandangan liberal dan cenderung berpihak ke Partai Demokrat. Schwarzenegger setia pada Republik karena terpengaruh mantan Presiden Richard Nixon.

Karir politik Schwarzenegger dimulai ketika menjadi ketua Dewan Presiden untuk Kesehatan Fisik dan Olahraga sejak 1990 hingga 1993. Dia dinominasikan oleh George H. W. Bush yang menyebutnya sebagai "Conan the Republican".

Schwarzenegger lalu menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur California untuk Kesehatan Fisik dan Olahraga di bawah Gubernur Pete Wilson.

Ia mengumumkan pencalonannya sebagai gubernur California pada 6 Agustus 2003 untuk menggantikan gubernur saat itu yang sedang dalam penentuan masyarakat untuk diberhentikan. Meski nama Schwarzenegger paling populer dibanding nama kandidat lain, pandangan politiknya belum dikenal luas oleh warga California. Dia juga hanya satu kali menghadiri debat antar calon gubernur. Pencalonan Schwarzenegger menjadi santapan media nasional dan internasional. Kalangan media menjulukinya "Governator" (merujuk pada film The Terminator), "The Running Man" (judul salah satu filmnya), dan menyebut pemilihan umum saat itu sebagai "Total Recall".

Pada 7 Oktober 2003, Gubernur Gray Davis diharuskan mundur dari jabatannya dan Schwarzenegger terpilih menggantikan Davis dengan mengantongi 48,6 persen suara atau sekitar 1,3 juta pemberi suara.

[Source : schwarzenegger.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month