Share Info

9 April 2020

Tradisi Puasa di Berbagai Negara

Ilustrasi orang berdoa
Ramadan akan tiba beberapa hari lagi. Di Indonesia, tradisi masyarakat dalam menyambut dan mengisi Ramadan berbeda-beda tiap daerah. Bagaimana masyarakat di negara-negara lain dalam menyambut dan mengisi kegiatan maupun adat selain puasa di bulan Ramadan?

Melansir Egypttoday berikut tradisi yang terjadi di beberapa negara dalam menyambut maupun mengisi bulan Ramadan.

Arab Saudi

Tradisi puasa di Mekkah
Saat Ramadan, Arab Saudi dipenuhi para peziarah dari dalam maupun luar negeri yang hendak melakukan umrah. Umrah di bulan Ramadan diyakini sebagai pembersihan spiritual.

Bagi orang asing yang ingin mengunjungi Arab Saudi selama bulan Ramadan, mereka harus mengikuti beberapa aturan misalnya tidak merokok dan tidak makan dan minum apalagi di tempat umum. Aturan ini diharapkan untuk menghormati umat muslim yang sedang berpuasa. Siwak atau miswak banyak digunakan oleh masyarakat Arab Saudi selama Ramadan dan menggunakannya sebagai alternatif menggantikan sikat gigi menghilangkan bau mulut.


Mesir

Tradisi puasa di Mesir
Di Mesir, umat muslim menyambut Ramadan dengan lentera berwarna-warni yang berliku-liku yang melambangkan persatuan dan sukacita. Tradisi penerangan in diyakini telah digunakan untuk menerangi jalan Khalifah Moezz Eddin di Kairo pada tahun 969 Masehi.

Pakistan

Tradisi puasa di Pakistan
Pada hari-hari terakhir Ramadan, perempuan dan laki-laki Pakistan berlatih Chaand Raat, sebuah tradisi dimana para perempuang mengenakan pakaian terbaik mereka dan pergi ke pasar untuk membeli gelang dan sepatu yang bagus. Para laki-laki, juga dengan pakaian terbaik mereka, melemparkan kertas ke perempuan-perempuan dengan nomor telepon mereka tertulis di dalamnya. Keluarga muslim di Pakistan juga berkumpul untuk membuat pesta dan menikmati makanan bersama seperti kurma.

Turki

Tradisi puasa di Turki
Selama Ramadan, masyarakat Turki biasanya memasak makanan tradisional dengan bahan rempah-rempah asli Turki seperti gullac dan pastirma. Namun, buka puasa masyarakat Turki biasanya dimulai dengan sedikit zaitun, kurma, keju Turki, roti pilihan yang biasa disebut pide dan kopi Turki hangat.

Menjelang sahur, 2000 penabuh genderang mengenakan pakaian Ottoman akan menyebar menggunakan Davul di seluruh kota Turki untuk membangunkan para muslim yang hendak berpuasa.

Iran

Orang-orang utara Iran menyambut Ramadan dengan berpuasa tiga hari sebelum puasa dimulai. Mereka juga memastikan untuk mempraktikkan sebuah tradisi Khatme Al-Anam dimana mereka memastikan membaca surat Al-An’am sebelum makan sahur.

Azerbaijan

Tradisi puasa di Azerbaijan
Di Azerbaijan Timur, pada Jumat terakhir Ramadan, para wanita dan gadis berkumpul untuk menjahit tas untuk keluarga mereka. Mereka memasukkan sejumlah uang ke dalam tas dan menutupnya hingga Ramadan berikutnya. Mereka percaya bahwa tas itu akan melindungi mereka dari kemiskinan.

Adapun orang-orang Selatan Shiraz, pada Jumat terakhir Ramadan, mereka akan pergi ke masjid untuk berdoa. Doa biasanya dihadiri oleh gadis-gadis yang ingin menikah, pasangan yang sudah menikah tetapi belum memiliki anak, dan wanita hamil yang ingin membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi bayi mereka.

Uni Emirat Arab

Tradisi puasa di Uni Emirat Arab
Melansir dari Musafir, dua minggu sebelum Ramadan, masyarakat Uni Emirat Arab biasanya merayakan Haq Laila, yaitu anak-anak berkeliling lingkungan mengumpulkan permen dan kacang-kacangan dalam tas jinjing yang disebut Kharyta.

Kuwait

Tradisi puasa di Kuwait
Hampir sama dengan Uni Emirat Arab, di Kuwait bel pintu akan berdering pada dua minggu sebelum Ramadan dan perayaan tiga hari dimana anak-anak akan mengetuk pintu rumah tetangga dan bernyanyi serta diberi imbalan permen dan coklat.

Maldives

Di negeri kepulauan ini, Ramadan disebut sebagai Roadha Mas. Tradisi yang paling menonjol saat Ramadhan yaitu setelah berbuka puasa dimana seorang penyair diminta untuk membacakan Raivari atau puisi terkait Ramadan.

Lebanon

Tradisi puasa di Libanon
Di Lebanon, sebuah meriam akan ditembakkan setiap hari selama bulan Ramadan menandai waktu berbuka puasa. Tradisi ini dikenal sebagai Midfa Al-Iftar.

Albania

Tradisi puasa di Albania 
Anggota komunitas muslim Roma dari kekaisaran Ottoman ini mengumumkan awal dan akhir puasa dengan lagu-lagu tradisional. Setiap hari selama bulan Ramadan, orang-orang Albania akan berbaris naik turun di jalan-jalan memainkan lodra, drum silinder buatan sendiri yang dilapisi kulit domba atau kambing. Keluarga muslim akan sering mengundang mereka ke dalam rumah mereka untuk memainkan balada tradisiona merayakan awal puasa.

Maroko

Tradisi puasa di Maroko
Saat Ramadan, seorang penjaga kota yang dikenal sebagai nafar akan berkeliling di sekitaran Maroko menggunakan pakaian tradisional gondola, sandal, dan topi. Nafar dipilih oleh penduduk kota untuk menyusuri jalan sambil meniup klakson membangunkan orang untuk sahur.

[Source : www.egypttoday.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month