Share Info

21 November 2012

KEJUJURAN

Kejujuran
Kejujuran sangat menentukan kesuksesan hidup seseorang. Pengertian kejujuran yang paling sederhana adalah tidak berbohong. Tapi tidak hanya itu saja, arti atau makna kejujuran adalah kata-kata yang mengandung tiga unsur :
Kejujuran adalah apa yang Anda akan katakan adalah benar.
Kejujuran adalah apa yang akan Anda katakan adalah sesuatu yang baik.
Kejujuran adalah apa yang Anda ingin beritahukan adalah berguna.
Jadi pengertian atau makna kejujuran yang meyeluruh adalah jika apa yang anda beritahukan adalah hal yang benar, baik dan berguna.
Jujur jika diartikan secara baku adalah "mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran". Dalam praktek dan penerapannya, secara hukum tingkat kejujuran seseorang biasanya dinilai dari ketepatan pengakuan atau apa yang dibicarakan seseorang dengan kebenaran dan kenyataan yang terjadi.
Ingat kisah sopir taksi yang mengembalikan uang penumpangnya?
Sia Ka Tian sangat terkejut saat menemukan kantong hitam berisi uang di kursi belakang taksinya, Senin (19/11/2012), setelah dia mengantar penumpangnya ke sebuah pusat perbelanjaan di Singapura.
"Saat saya melihat uang itu, saya berpikir, saya akan kena masalah. Saya yakin sedikitnya ada 200.000 dollar AS di dalam kantong itu," kata lelaki yang sudah 31 tahun mengemudikan taksi itu seperti dikutip harian The Straits Times.
Namun, saat dia membawa kantong berisi uang itu ke bagian barang hilang perusahaan taksinya, Comfort DelGro, betapa terkejutnya Tian dan kawannya setelah mengetahui jumlah uang itu.
"Uang itu tidak penting bagi saya. Itu bukan milik saya, jadi bagaimana bisa saya menggunakannya?" ujar Tian.
Pasangan wisatawan asal Thailand kemudian melaporkan kehilangan uang mereka ke perusahaan itu. Tian menunggu mereka saat wisatawan itu datang untuk mengambil uangnya yang sempat hilang itu.
Sebagai tanda terima kasih, Sia Ka Tian menerima sejumlah uang dari kedua turis itu yang tak ingin disebutkan namanya. Perusahaan juga berencana memberi penghargaan untuk Sia Ka Tian atas pelayanannya yang sangat baik itu.
"Menemukan hampir satu juta dollar AS tunai tak mungkin terjadi setiap hari dan kami bertanya-tanya berapa banyak orang yang tergoda untuk memilikinya," kata juru bicara perusahaan taksi Comfort DelGro, Tammy Tan.
"Kami sangat bangga kepadanya dan senang penumpang kami akhirnya menemukan uang mereka," lanjut Tammy.
Kejujuran, boleh jadi merupakan sebuah fenomena kehidupan yang luar biasa. Karena kejujuran sangat identik dengan kebersihan hati, kemurnian fikir, kegembiraan dalam menjalani kehidupan serta kejelasan dalan merancangkan masa depan. Kejujuran merupakan satu kebiasaan yang sangat langka, mungkin di dunia ini manusia jujur bakalan di awetkan, dido’akan panjang umur dan akan diberi banyak amanah.
Jujur, adalah sikap pribadi. Jujur diekspresikan dengan kata-kata atau sikap yang mencerminkan keadaan yang sesungguhnya. Tidak ditutupi atau bahkan tidak menipu. Jujur adalah energi positif. Menyatakan sesuatu dengan langsung, spontan, lugas, apa adanya akan menghemat waktu dan energi.

[Source : dari berbagai sumber]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month