Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

April 17, 2012

Presiden-presiden Indonesia dan Calon presiden

April 17, 2012
by : Mas Kamso

Aku sebenarnya orang awam di bidang politik, kurang tahu dan sebenernya juga kurang tertarik. Aku bukanlah simpatisan salah satu parpol atau pengikut salah satu presiden. Tapi ada uneg-uneg di hati yang seringkali minta untuk disalurkan. Dibawah adalah opini pribadi saya tentang presiden dan calon presiden yang mulai terdengar di mass media.

1. Presiden Soekarno, aku belum ada di jaman ini. Yang aku baca dari buku2 SD hingga SMA, Bapak ini adalah bapak proklamator, seorang orator ulung yang bisa membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia. Seorang Don Juan yang diidolakan oleh banyak wanita serta doyan wanita-wanita muda. Dari mass media aku baca beliau terpeleset gara-gara PKI. Juga dikhianati oleh pembantunya yang bernama Soeharto yang akhirnya menjadi penggantinya. Tidak banyak detail yang aku ketahui dari Bapak proklamator ini.

2. Presiden Soeharto, aku cukup lama merasakan kepemimpinan beliau ini, dari lahir hingga 1997 saat ia jatuh. Saya lihat beliau adalah pemimpin yang punya visi dan misi. Target jangka pendek dan jangka panjangnya sangat jelas. Rakyat bisa hidup cukup enak dijamannya. Kontroversi seputar pengambil alihan kekuasannya dari Soekarno terus menimbulkan pro dan kontra. Sangat bagus kalau sebenarnya beliau mundur pada tahun 1980-an. Tapi karena manusia punya watak yang tamak, ia berusaha melanggengkan kekuasaannya dengan cara membikin orang2 dilingkaran kekuasaannya menjadi presiden2 kecil di departemennya yang bisa berbuat semaunya. Buntutnya korupsi menjadi tidak terkendali. Kekuasaannya hampir absolut, demokrasi hanya sebagai kedok. Anak-anaknya juga ikutan menjarah tanah air sendiri juga menghisap darah dan keringat rakyat. Pengusaha2 yang dekat dengannya juga ikutan menjarah harta rakyat. Lepas dari itu semua, beliau telah membikin Indonesia selangkah lebih maju dari jaman Soekarno.

3. BJ. Habibie, Beliau menjadi presiden bukan karena ia berkeinginan. Hanya karena kondisi sehingga ia jadi presiden. Orang yang cerdas tetapi terlalu lugu dalam politik. Karena ingin terlihat bagus, ia membuat blunder dalam masalah timor timur. Lepaslah salah satu provinsi yang dengan susah payah di kuasai dan telah mengorbankan banyak kusuma bangsa. Hmmm, no more comment.

4. Abdurrahman Wahid, Beliau ini awalnya memberikan banyak harapan untuk kemajuan Indonesia. Seolah bisa menjadi figur yang bisa diterima oleh berbagai kelompok didalam dan luar negeri. Tapi setelah menjadi presiden, bicaranya ngelantur tidak karu-karuan. Hari ini A, besok B lusa C. Sebagai rakyat aku sendiri ikut capai mikirin Negara di bawah Gus Dur ini. Orang seperti ini yang dianggap 1/2 wali oleh sebagian orang cukup berbahaya untuk memimpin bangsa. Beruntung MPR melengserkannya dari kursi presiden. Hmmm...mau nyalon lagi?? Sekarang ngomong dan mengkritik juga masih semau gue, tanpa ada rasa bersalah...."gitu aja kok repot".... adalah kata-kata saktinya.... sangat nggak masuk akal orang2 memaklumi tingkah polahnya yang sering kelihatan tidak bertanggung jawab dan kekanak-kanakan.

5. Megawati Soekarno Putri, Beliau ini sebenarnya mendapatkan simpati yang luar biasa dari rakyat Indonesia sejak PDI di obrak-abrik sama pemerintahan Soeharto. Ditambah posisinya sebagai anak proklamator sebenarnya legitimasinya sangat besar utk jadi pemimpin negeri. Dan setelah menjadi presiden menggantikan Gus Dur, tidak nampak jiwa kepemimpinan di dirinya. Diam berarti emas kata mass media! bagiku itu adalah sindiran untuknya.... Kemampuannya memimpin jauh dibawah kemampuan bapaknya. Tidak ada hal yang menonjol selama kepemimpinannya. Ini sekarang juga mau nyalon lagi.......hmmm tak tahu malu. Kalau dulu diam berarti emas, sekarang beliau banyak ngomong, merong-rong pemerintahan yang sekarang, tidak ada kata2 yang sifatnya membangun, semuanya jelek. Aku tertawa saat beliau bilang bahwa pemerintahannya jauh lebih baik dari pemerintahan SBY.... tidak berkaca. Juga sangat kekanak-kanakan.....ngambeg....Beliau ini secara politik masih jauh dari matang. Termasuk juga kader-kadernya.

6. Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau ini presiden pertama yang dipilih oleh rakyat. Orangnya mampu dan bisa menjadi presiden. Juga cukup bersih, kemajuan ekonomi dan stabilitas negara terlihat membaik. Sayang tidak mendapat dukungan yang kuat di Parlemen. Membuat beliau tidak leluasa mengambil keputusan karena harus mempertimbangkan dukungannya di parlemen. Apalagi untuk mengangkat kasus korupsi dari orang dengan back ground parpol besar, beliau keliahatan kesulitan. Sayang sekali saat Indonesia punya orang yang tepat untuk memimpin, parlemennya dipenuhi oleh begundal-begundal oportunis yang haus uang sogokan.

Para calon presiden:
1. Amin Rais, orangnya bersih, bisa dan mampu untuk menjadi presiden, back ground pendidikan dan pengalaman sangat mendukung. Tapi cara berbicaranya kurang simpatik. Juga kadang terkesan cukup extrem. Basis pemilihnya cuma muhammadiyah.

2. Wiranto, Mantan panglima TNI, bisa dan mampu untuk menjadi presiden. Tapi Soeharto jilid 2 bisa terjadi kalau terpilih. Ia besar dalam pemerintahan orba dan terlihat sangat menikmatinya. Tersandung dalam masalah HAM.

3. Sri Sultan HBX, Beliau cukup bagus khusus untuk DIY karena posisi beliau sebagai Raja. Belum terlihat track recordnya untuk skala nasional. Tampaknya pengetahuannya juga kurang mumpuni untuk menjadi presiden.

4. Hidayat Nur Wahid, Sosok yang bersih dan konsisten. Kemungkinan bisa menjadi presiden. Basis pemilihnya sangat terbatas dari PKS. Akan senasib dengan SBY kalau jadi presiden.

5. Prabowo Subiyanto, katanya orangnya pinter, katanya orangnya baik, katanya....katanya....katanya..... Tapi dalam pidato calon presiden dari golkar 5 tahun lalu, tidak mencerminkan seorang pemimpin masa kini. Penuh retorika.....hmmm no comment.

Hmmmm susah sekali mencari seorang figur calon presiden. Bangsa kita juga masih belum terlalu dewasa dalam berpolitik. Politisi hanya mengumbar janji untuk kepentingan kantongnya sendiri. Korupsi masih merajalela di semua sendi kehidupan negeri. Aku frustrasi!!!!!!!

Bagaimana menurut anda?

[Source : kompas]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator