Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

September 11, 2012

Museum-museum Paling Terpencil di Dunia

September 11, 2012
Ternyata, tak hanya air terjun atau desa saja yang bisa berada di tempat terpencil. Di dunia ini, ada 5 museum yang paling terpencil. Anda pun bisa melancong ke sana untuk merasakan sendiri betapa terpencilnya museum itu.

Antartika, tengah lembah dan ujung hutan jadi tempat bagi beberapa museum terpencil ini. Ditengok dari Flavor Wire, Selasa (11/9/2012) inilah 5 museum dengan letak yang paling terpencil di dunia.

1. Museum World Mammoth and Permafrost, Siberia


Yakutsk di Siberia menawarkan sebuah museum modern yang memungkinkan pengunjungnya mempelajari dan mengetahui mengenai mamot. Namun letaknya sangat terpencil yaitu berada di tengah salju.

Meski terpencil, museum ini memiliki fasilitas yang sangat modern. Pengunjung bisa mengenal seluk beluk kehidupan dan tubuh mamot dalam kemasan yang menarik. Selain itu, museum ini memiliki cafe yang menggantung di atas taman hijau yang terdapat di dalam ruangan. Jadi, walau terpencil, namun memiliki fasilitas terdepan.

2. Museum Port Lockroy, Antartika


Sebuah tempat berlindung militer di Port Lockroy, Antartika pada Perang Dunia II kini berubah jadi museum. Bangunan ini hanya terdiri dari sepetak rumah sederhana yang berada di tengah kawasan bersalju. Barang-barang yang ada di dalam museum ini merupakan barang-barang para tentara yang pernah menghuni tempat ini.

Tempatnya sangat terisolasi. Ada di tengah salju dan tak ada bangunan lagi di sekelilingnya. Satu-satunya makhluk hidup yang terlihat mondar mandir di sana adalah penguin. Meski begitu, Museum Port Lockroy tetap dirawat dengan baik dan apik.

3. Museum Skogar Folk, Islandia


Di tengah perbukitan di Skogar, Islandia terdapat sebuah museum yang mungkin tak bisa terlihat dari atas. Tiga bangunan sederhana seperti rumah kayu berdiri di lembah dengan atap tertutup rumput yang tumbuh dengan subur. Museum Skogar Folk berisi mengenai semua peninggalan yang ada di Selatan Islandia.

Ada alat-alat bertani, kerajinan tangan, furnitur, buku, dan dokumen di dalam museum ini. Di dalam museum ini juga terdapat binatang-binatang khas sana yang sudah jadi patung. Tak jauh dari museum itu, ada air terjun Skogafoss yang megah dan memukau.

4. Museum James Turrell, Argentina


Siapkan stamina Anda saat ingin berkunjung ke Museum James Turrell. Karena museum yang berada di Bodega Colome, Argentina ini mengharuskan pengunjungnya untuk melewati jalan yang panjang. Pertama, Anda harus naik pesawat selama 2 jam dari Buenos Aires ke Bodega Colome. Setelah itu, Anda akan menghabiskan 4 jam di jalan berliku dan tak rata.

Namun semua itu akan terbayar karena bangunan museum ini sangat keren. Museum James Turrell berdiri di salah satu pabrik wine terbesar dan tertua di Argentina. Jangan kuatir masalah menginap, ada sebuah hotel mewah yang berada tak jauh dari sana dengan menawarkan pemandangan Pegunungan Andes.

5. Museum Ordos, Mongolia

Di tengah Padang Pasir Gobi, Mongolia hadir sebuah museum dengan gaya yang sangat modern. Museum Ordos merupakan satu bentuk bangunan yang sangat kontras di tengah kehidupan suku Mongolia yang penuh tradisi kuno. Isi museum ini mewakili China zaman dahulu dan masa kini. Meski tidak begitu menerima, suku Mongolia pun kadang datang ke sana untuk memuaskan rasa penasaran.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator