Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

July 14, 2014

Resep Bahagia dari Berbagai Negara

July 14, 2014
Setiap negara ternyata mempunyai pola kebiasaan, cara sederhana yang dilakukan masyarakat di dalamnya untuk mendapatkan kebahagiaan. Berikut kebiasaan baik yang bisa kita tiru dari beberapa negara ini.

Luangkan waktu sejenak menikmati indahnya alam seperti bintang, bunga atau awan akan membuat Anda merasa lebih bahagia.
Italia: hangout bareng sahabat
Negara Italia terkenal dengan keramahan penduduknya. Mereka sangat senang berinteraksi dengan sesama, terutama tetangga. Bila masih bisa bertatap muka langsung atau hangout di kafe atau bar, sebisa mungkin mereka menghindari curhat lewat gadget lho. Inilah yang membuat kadar stres dan galau penduduk Italia terbilang rendah. Nah, kalau sedang stres atau galau, segera buat janji dengan sahabat untuk hangout atau olahraga bareng. Ampuh menghubungkan kita dalam dunia nyata dan membuat pikiran lebih terbuka.

Finland: berbagi dengan sesama
Valentine tak melulu harus dirayakan dengan kekasih. Seperti yang dilakukan penduduk Finland, mereka merayakannya bersama dengan anak-anak kecil yang kurang beruntung serta berbagi dengan orang tua di panti jompo. Berbagi dengan sesama akan meningkatkan kebahagiaan kita tiga kali lipat. Di samping bisa lebih mensyukuri apa yang telah kita punya. Cocok untuk mengurangi hobi mengeluh.

Sahel, Africa: bebas berekspresi
Para perempuan di daerah Sahel, Afrika, sangat senang tampil dengan tema unik. Kebebasan berekspresi inilah yang akhirnya membuat mereka jauh dari rasa tertekan. Kita juga bisa mencontek gaya mereka. Bila biasanya kita berdandan cantik ke kantor, yuk ajak sahabat untuk mengadakan pajamas party atau bikin kontes kecil seru dengan peragaan busana yang “ajaib”. Jangan lupa siapkan hadiah menarik. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh perempuan Sahel ini juga membuat pertemanan mereka semakin erat.

Mongolia: luangkan waktu untuk keluarga
Warga Mongol mendedikasikan satu bulan penuh yang disebut White Month untuk para orang tua, seperti nenek, kakek, hingga buyut mereka. Bagi mereka, keluarga memegang peran penting dalam kehidupan. Sebab, hubungan pertemanan atau cinta bisa saja putus, tetapi keluarga akan selalu ada. Jadi, sudah saatnya kita luangkan waktu untuk menciptakan waktu berkualitas seperti liburan bersama ke tempat-tempat indah. Rasa bahagia akan berlipat ganda jika kita menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita sayangi.

Jepang: keluar dari zona nyaman
Jepang memiliki selera musik, pakaian, hingga makanan yang terbilang unik. Khususnya pagelaran Harajuku Style yang rutin dilakukan oleh para anak muda di sana. Keluar dari “zona nyaman” membuat mereka lebih kreatif. Sedang kreativitas yang tinggi dinilai bisa membuat kita lebih mudah mengatasi persoalan-persoalan dalam hidup. Selain itu, mencoba hal-hal baru bisa membuat kita jauh dari rasa bosan. Selalu menghabiskan weekend nonton di bioskop? Cari tempat yang bisa bungee jumping!

Vanuatu: melawan ketakutan
Penduduk di Pulau Pentakosta, Vanuatu, mengajarkan anak mereka untuk berani melawan rasa takut. Sebab ketakutan bukan untuk dipikirkan, melainkan untuk dihadapi. Salah satu caranya ialah realisasikan keberanian dengan melawan semua hal-hal negatif yang datang dari pikiran. Misalnya, kalau kita tidak berani melihat mata gebetan ketika sedang berbicara, melakukan sambutan acara di depan tamu-tamu penting, kita harus coba melawan “ketakutan” ini dengan selalu yakin bahwa kita bisa! Lakukan persiapan yang matang, berdoa, dan lakukan semuanya dengan senyum.

India: yoga dan meditasi
Yoga berasal dari negara ini dan menjadi salah satu resep untuk hidup lebih sehat dan menjernihkan pikiran. Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, meluangkan waktu dua jam untuk olahraga sekaligus meditasi bisa membuat pikiran jadi lebih fokus. Dengan begitu kita akan lebih mudah menyelesaikan masalah dan hidup jadi lebih simpel deh. Kita juga bisa melakukan “meditasi” kecil seperti mematikan gadget dan alat komunikasi lain minimal lima jam (pagi hingga siang hari) dua kali dalam satu minggu.

Paris: tampil cantik
Semua pasti menyadari bahwa orang-orang di Paris sangat stylish – bahkan untuk ke toko bakery terdekat saja mereka memakai lipstick berwarna cherry. Ya, tampil cantik di setiap kesempatan membuat mereka sangat percaya diri. Nah, bila butuh asupan pede saat masuk ke lingkungan baru maksimalkan penampilan kita namun tetap mengikuti aturan yang ada. Bangun lah satu jam lebih pagi dari biasanya sehingga kita bisa rapikan dandanan sebelum masuk kantor.

Switzerland: kembali ke alam
Walau cuaca terbilang ekstrem, penduduk Switzerland malah memanfaatkan untuk bersenang-senang sambil main ski. Nah, kalau belum punya waktu untuk libur langsung ke sana, kita bisa lho main ice skating di mal yang menyediakan sarananya. Atau bisa merasakan sensasi lain misalnya naik gunung Bromo untuk melihat sunrise. Menghirup udara segar di alam terbuka bisa membuat kita lebih dekat dengan alam dan mengurangi stres karena kebisingan kota.

London: wisata lokal
Banyak pesta kebudayaan, simbol negara, hingga tempat bersejarah dari kota keren di Inggris Raya ini. Ya, penduduk di sana sangat menghargai dan bangga akan kekayaan lokal yang mereka miliki. Kita juga bisa meningkatkan rasa memiliki terhadap tanah air dengan traveling keliling Indonesia atau berkunjung ke museum-museum bersejarah, sekaligus mencicipi kuliner tiap daerah. Dengan bangga dengan negara sendiri, maka kita juga akan lebih bahagia sebagai penduduk asli Indonesia.

Bahagia itu sederhana!


[Source : chicmagz.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator