Berinteraksi di kantor seringkali rentan terhadap gesekan-gesekan
perselisihan. Baik dengan sesama rekan sekerja maupun dengan atasan.
Ketika Anda tersulut emosi, tak ada salahnya melakukan beberapa hal
untuk meredam amarah. “Tak ada kata tak mungkin untuk melatih kesabaran
menjadi orang yang lebih berkepala dingin dalam menghadapi masalah,”
ungkap Aries Handoyo
, penulis buku motivasi yang juga advisor jasa “Personal Security”.
Berikut beberapa kiat yang menurutnya perlu Anda kembangkan.
1. Belajar memaafkan. Lakukan introspeksi diri, salah satu hal yang
membuat Anda cepat baik darah. Ini cukup menjadi langkah awal
melapangkan hati untuk memaafkan. Dan, memaafkan orang lain bukan
berarti mengamini perbuatan orang lain, melainkan membantu Anda berpikir
lebih jernih untuk menyelesaikan masalah dengan terhanyut emosi.
2. Tunjukkan sikap pemenang. Tetaplah berpikir jernih dan tunjukkan
sikap yang dewasa dalam menghadapi masalah. Percayalah, bersikap dewasa
adalah salah satu yang sulit dilakukan kebanyakan orang namun kerap
kali mendapat pengakuan. Inilah sikap pemenang yang sebenarnya.
3. Jika Anda terjebak dalam perdebatan alot, menyingkir sejenak 10
hingga 15 menit. Emosi hanya membuat sulit menemukan solusi.
4. Berusahalah selalu berbicara dengan nada rendah. Nada tinggi hanya akan mempengaruhi adrenalin dan memancing emosi.
5. Jangan lampiaskan emosi pada benda maupun orang lain. Selain
menyakiti diri sendiri, cara ini hanya meningkatkan amarah saja.
6. Alihkan emosi dengan memikirkan hal-hal yang disenangi atau mendengarkan musik. Ini jauh lebih efektif mengusir emosi.
7. Ingat selalu, mengendalikan emosi membutuhkan latihan terus
menerus. Jangan pernah merasa gagal, orang bisa karena berlatih.
[Source : tabloidnova]

No comments:
Post a Comment
Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA