Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

August 10, 2015

Khasiat Di Balik Daun Singkong

August 10, 2015
Daun singkong
Daun singkong mungkin sudah dikenal dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia, terutama sebagai bahan untuk membuat masakan sayur maupun lalapan. Singkong memang merupakan tanaman yang sangat kaya manfaat, mudah tumbuh dengan baik di Indonesia, serta hampir seluruh bagian pohonnya dapat dimanfaatkan seperti halnya pohon kelapa. Bahkan boleh dikatakan bahwa singkong adalah salah satu bahan pokok pengganti nasi yang biasa dikonsumsi oleh masayarakat Indonesia semenjak dahulu kala.

Namun singkong bukan hanya sebagai bahan makanan saja, ternyata daun singkong pun memiliki berbagai macam khasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Kali ini kita akan mengenal lebih dalam berbagai macam manfaat daun singkong bagi kesehatan. Sehingga kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dalam rangka menunjang kesehatan serta mengambil manfaat nutrisi yang terkandung pada daun singkong tersebut.

# Untuk Mengobati Stroke
Memang, jumlah orang yang terkena stroke di zaman modern sekarang ini semakin meningkat tajam. Hal ini dikarenakan oleh gaya hidup dan juga pola hidup yang tidak baik di zaman yang serba canggih, sehingga bisa berpengaruh terhadap timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah stroke.

Lalu di mana peranan  daun singkong dalam masalah ini?, Sebenarnya daun singkong bisa membantu mengobati stroke, dan hal ini bukan tanpa bukti karena telah dilakukan penelitian antara hubungan daun singkong dengan stroke. Dan hasilnya menunjukkan bahwa daun singkong dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan stroke. Dikarenakan banyaknya kandungan isoflavon yang terkandung di dalam daun singkong, bisa membantu mengatasi dan menyembuhkan penyakit stroke. Daun singkong dapat anda konsumsi dalam bentuk ‘’kulupan’’ atau urap-urap, lalapan, serta masakan sayur lainnya.

# Meningkatkan Imunitas Tubuh
Khasiat daun singkong juga membantu kita meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa daya tahan tubuh atau imunitas manusia akan membantu melawan berbagai macam penyakit tertentu. Bila daya tahan tubuh kita melemah, maka kita akan mudah sekali terserang berbagai mcam penyakit seperti batuk, flu, demam, dan lain sebagainya.

Sehingga daun singkong bisa menjadi bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Karena di dalam daun singkong terdapat banyak sekali kandungan dari vitamin C. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa vitamin C akan membantu meningkatkan imunitas tubuh manusia. Jadi kalau Anda baru saja sembuh dari penyakit, maka mengkonsumsi daun singkong akan cepat membantu pemulihan tubuh anda agar fit kembali. Anda dapat mengkonsumsi daun singkong tersebut sebagai bahan tambahan masakan sayuran.

# Menjaga Kesehatan Mata
Selain mengandung banyak vitamin C, ternyata daun singkong juga banyak mengandung Vitamin A, yang berarti mengkonsumsi daun singkong akan membantu meningkatkan dan juga menjaga kesehatan mata.

Yang perlu anda lakukan sebenarnya sederhana sekali, yaitu konsumsilah daun singkong setidaknya 3 kali dalam satu minggu, dalam bentuk olahan masakan apapun, baik sebagai sayur atau sebagai lalapan (kulupan).

# Untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Daun singkong juga baik untuk menjaga kesehatan tulang kita, agar tidak mudah terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Seperti yang kita ketahui, bahwa di zaman sekarang ini dimana manusia sepertinya menjadi super sibuk dengan semua aktifitasnya. Dan seringkali melupakan kesehatan tubuh mereka terutama kesehatan tulang. Sehingga banyak orang yang sudah mengalami osteoporosis, bahkan di usia 40 tahunan.

Sebenarnya osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat dicegah dengan mengkonsusmsi kalsium dan juga fosfor. Sementara daun singkong menyediakan kedua zat tersebut, sehingga dengan mengkonsumsi daun singkong sudah bisa membantu diri anda agar tidak mudah terkena osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat daun singkong yang sangat luar biasa. Semoga bisa menambah referensi bagi anda dalam memanfaatkan tumbuhan alam di dunia kesehatan.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator