Share Info

16 June 2015

Di Negara Ini Matahari Bersinar 24 Jam, Bagaimana Puasa-nya?

Ilustrasi
Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Umat muslim di seluruh dunia akan melaksaakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Mereka tidak makan dan minum sejak matahari terbit sampai matahari tenggelam.

Namun kondisi ini menimbulkan masalah untuk warga yang tinggal di negara-negara Lingkar Arktik. Pasalnya, pada bulan ramadhan tahun ini matahari akan bersinar sepanjang hari di wilayah mereka. Waktu matahari tenggelam hanya dua jam saja.

Seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (12/06) di Swedia misalnya, negara yang berada di kawasan Lingkar Arktik, asosiasi Muslim di Swedia  kini tengah berupaya mencari solusi untuk itu. Menurut Juru bicara Asosiasi Islam Swedia, Mohammed Kharraki, tiga hari memasuki ramadhan Swedia akan memasuki musim panas, artinya matahari akan bersinar selama 22 jam per hari.

“Saat itu, ada dua pertanyaan sulit yakni kapan Anda boleh berbuka puasa di bagian utara dan kapan waktunya Anda memulai puasa,” kata Kharraki.

Masih menurut Kharraki, di tahun-tahun sebelumnya umat Muslim di kota-kota sub-Arktik seperti Kiruna disarankan untuk berbuka puasa di waktu yang sama seperti warga yang tinggal di area selatan Arktik. Namun baru-baru ini dalam pertemuan para Imam Swedia dan negara Eropa lainnya, di bagian utara Swedia membuat pendekatan yang berbeda.

Kharraki mengatakan, aturan baru tengah disusun oleh asosiasi negara pan Eropa dan Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian. Dalam panduan itu akan mengatur waktu untuk berbuka puasa lebih awal di malam hari, agar sesuai dengan waktu berpuasa umat Muslim di belahan dunia lainnya.

Selain itu, terdapat bagaimana cara memberlakukan aturan baru dan saran bagaimana umat Muslim bisa berpuasa untuk menghindari jatuh pingsan akibat kekurangan makanan dan minum.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month