Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

December 08, 2014

Ayah Juga Penentu Suksesnya Pemberian ASI bagi si Kecil

December 08, 2014
Ayah juga penentu pemberian ASI
Kesuksesan pemberian Air Susu Ibu (ASI) tak cuma berada di tangan oleh ibu semata, sang ayah alias suami punya peran besar dalam hal ini. Bahkan, dukungan suami terhadap istri yang memberikan ASI bisa membuat angka keberhasilan pemberian ASI hampir mencapai 100 persen menurut Ketua Asosiasi Ibu 
Menyusui Indonesia, Mia Sutanto.
"Dalam pemberian ASI, suami memegang peranan penting. Sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kala suami mendukung istri memberikan ASI angka keberhasilan hingga 100 persen, jika tidak hanya 30 persen," tutur Mia usai pembukaan Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo di JCC, Jakarta pada Jumat (5/12/2014).
Bentuk dukungan suami terhadap pemberian ASI bukan dimulai sejak bayi lahir melainkan sejak istri hamil. Mulai belajar tentang apa itu ASI, inisiasi menyusui dini, mencari tahu keberadaan tenaga kesehatan yang pro ASI. Lalu, saat persalinan memastikan bayi tidak kecolongan diberikan susu formula.
Selanjutnya, dukungan suami terhadap pemberian ASI pada bayi tak kalah pentingnya. Diantaranya membantu bayi sendawa usai istri menyusui atau ikut terbangun menemani istri menyusui bayi di malam hari. Bisa juga menyediakan minum kepada istri usai memberikan ia memberikan ASI. "Hal-hal yang dianggap sepele tersebut, berdampak besar terhadap psikis istri," tutur Mia.
Bentuk pendampingan suami tersebut akan berpengaruh terhadap suasana hati istri. Ketika istri cemas dan takut, ASI yang keluar malah tidak lancar. "Peran suami di sini adalah untuk memastikan istri happy. Jika istri bahagia ASI yang dikeluarkan lancar," ungkapnya.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator