Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

March 10, 2014

"Kesopanan" yang Bisa Melukai Harga Diri Pria

March 10, 2014
Selama ini pria sering dianggap sebagai adalah sosok yang sangat percaya diri dan tidak mudah tersinggung. Dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, tentu saja Anda akan menganggap kalau hal-hal kecil yang sepele pasti tidak akan mengganggu dirinya.

Namun, menurut penelitian yang diterbitkan di "Journal of Social Influence", ternyata ada lho hal-hal sepele yang mampu menurunkan harga diri seorang pria. Menurut penelitian ini, harga diri pria akan terluka bila orang lain membukakan pintu untuk mereka.

Studi ini dilakukan untuk melihat bagaimana respon pria saat membukakan pintu untuk pria lain: apakah dengan melewati pintu dan menahannya untuk orang di belakangnya, atau menahan pintu dan membiarkan orang lain masuk lebih dulu.

Hasilnya, ternyata pria cenderung memilih cara pertama, yakni masuk dulu lalu menahan pintu itu untuk orang lain di belakangnya.

Dalam studi berikutnya, peneliti memberian survei singkat setelah mereka berjalan melewati pintu (ada yang membuka pintu sendiri dan ada juga yang dibukakan oleh orang di depannya). Ternyata, pria yang dibukakan pintu oleh pria lain mengaku merasa tindakan tersebut membuat harga diri dan kemampuan dirinya terusik. Mereka lebih suka jika membuka pintu sendiri ketimbang dibantu orang.

Perilaku membukakan pintu untuk orang lain sebenarnya mencerminkan kesopanan, dan pasti perempuan akan senang jika diperlakukan demikian. Namun kebalikannya, jika pria melakukan ini untuk pria lainnya maka ini dianggap merendahkan harga diri pria lainnya.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator