Share Info

2 September 2013

Menolong Orang Bisa Perpanjang Usia?

Menolong orang - ilustrasi
Sifat dermawan adalah seseorang yang ringan tangan dan suka menolong sesamanya. Memiliki sifat ringan tangan yang suka menolong sesama ini selain membuat diri lebih dihormati dan disenangi oleh orang sekitar juga ternyata memiliki banyak manfaat. Penelitian menunjukkan bahwa sifat dermawan bisa memperpanjang usia seseorang. 

Seperti dilansir dari healthland.time.com, relawan yang suka menolong orang memiliki banyak keuntungan.Orang yang suka mngunjungi orang sakit, ataupun terjun langsung di kegiatan sosial, dan melakukan berbagai kegiatan sosial tanpa pamrih ini memiliki efek yang baik terhadap tubuh dan jiwa. Selain efek sosiologis, sifat dermawan juga memberikan efek psikologis pada seseorang.

Sebuah studi terbaru yang dinyatakan dalam BMC Public Health yang merupakan hasil 40 studi menyatakan bawa efek yang ditimbulkan dari seseorang yang terjun langsung untuk melakukan kegiatan sosial seperti menjadi relawan di dapur umum, membantu para tunanetra dan berbagai kegiatan menolong orang di lingkungan sekitar lainnya mengurangi angka kematian dini sebesar 22% dibandingkan mereka yang tidak ringan tangan.

Hal ini juga dinyatakan oleh Dr Suzzane Richards dari University of Exeter Medical School di Inggris, megungkapkan bahwa sifat dermawan atau ringan tangan ini terkait dengan peningkatan rasa kepuasaan hidup, kesejahteraan diri, dan juga bisa mengurangi tingkat depresi. Efek berbuat baik inilah yang membuat seseorang merasa lebih baik dan mengurangi resiko bunuh diri dan serangan penyakit.

Selain itu, membantu orang lain memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mencegah serangan jantung, stroke dan juga menurunkan resiko dementia atau pikun. Manfaat psikologis dan sosial dari sifat baik satu ini adalah dapat mengurangi rasa kesepian dan memacu perasaan menjadi nyaman dan senang. Wah, Dreamers ternyata menolong orang lain banyak sekali manfaatnya yaa!

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month