Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

June 21, 2013

Jangan katakan 7 hal ini pada teman yang jomblo!

June 21, 2013
Tutup Telinga sambil tutp mata
Lain kali, jika Anda ingin mengomentari atau memberi nasihat pada teman Anda yang masih jomblo, jangan terburu-buru. Perhatikan ucapan Anda sehingga teman yang masih jomblo tidak tersinggung. Jangan sampai Anda mengatakan atau menanyakan beberapa hal di bawah ini:

1. "Kenapa kamu belum nikah?"
Pertanyaan ini bisa jadi membuat para jomblo kesal. Jawaban mereka kemungkinan adalah "Itu bukan urusanmu." Pertanyaan semacam ini terlihat kasar karena berasumsi bahwa teman Anda tak bahagia dengan status jomblonya, dan mereka akan lebih bahagia jika menikah. Padahal sebenarnya bisa jadi mereka sangat menikmati kesendirian mereka. Jadi sebaiknya hindari pertanyaan seputar menikah dan sejenisnya.

2. "Apa kamu pernah mencoba kencan online?"
Pertanyaan ini membuat teman Anda terlihat putus asa. Banyak orang yang menyarankan hal ini pada teman mereka seolah-olah ini adalah hal baru. Ini membuat para jomblo terlihat tak punya kesempatan mendapatkan pasangan di dunia nyata hingga dia harus mencarinya di dunia maya. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan keberhasilan untuk menemukan pasangan di dunia maya dan nyata tak jauh berbeda.

3. "Jangan terlalu pilih-pilih."
Komentar semacam ini terasa seperti tamparan bagi para jomblo. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sebagai teman tak mempercayai pilihannya. Dia memiliki hak untuk memilih orang seperti apa yang akan dijadikan pasangan atau membuatnya tertarik. Akan lebih baik jika Anda bertanya pasangan seperti apa yang diinginkannya daripada mengajari kriteria seperti apa yang harusnya dia inginkan.

4. "Kau akan menemukan pria impian kalau kau tidak mencarinya."
Ini komentar yang tidak menyenangkan. Di satu sisi ini menunjukkan bahwa teman Anda sedang mati-matian mencari pasangan padahal bisa saja dia sedang bersantai dan tidak memikirkan tentang mencari pasangan. Di sisi lain, jika teman Anda benar-benar sedang mencari pasangan, maka komentar semacam ini akan mematahkan semangatnya. Seolah-olah Anda mengatakan bahwa dia harus duduk manis, menunggu jodohnya datang dengan sendirinya.

5. "Apa yang terjadi pada hubungan dengan mantanmu?"
Pertanyaan ini mungkin yang paling menyakitkan bagi teman Anda. Apapun penyebabnya, perpisahan dengan pasangan atau putus adalah hal yang bisa menyebabkannya sedih, bahkan jika dia yang menyebabkan putusnya hubungan mereka. Untuk itu, lebih baik tak menggali-gali ke masa lalu dengan menanyakan mantannya atau hubungan-hubungan di masa lalunya.

6. "Kau harus memakai baju ini, lebih banyak keluar, menata rambut seperti ini/itu, memakai lebih banyak make up, dsb."
Sekali lagi, mungkin ini dikatakan untuk memberi saran bagi para jomblo yang menjadi teman Anda. Namun saran seperti ini bisa menyinggung mereka. Seolah-olah mereka jomblo karena mereka melakukan sesuatu dengan salah atau kurang dalam banyak hal. Banyak orang jomblo yang tak merasa melakukan hal yang salah, dan kebanyakan dari mereka benar. Jadi, jangan sok tahu dengan memberikan berbagai macam saran hanya karena Anda sudah berpasangan.

7. "Mungkin kau memang lebih baik menjomblo."
Anda tidak bisa meramal masa depan teman Anda, dan Anda juga tak tahu apa yang diinginkan teman Anda. Bukan berarti karena mereka mandiri kemudian mereka tak mau berpasangan. Mereka mungkin tak membutuhkan banyak bantuan karena terlalu mandiri, namun mereka bisa jadi berkeinginan untuk berpasangan. Jangan mengatakan hal ini kecuali teman Anda sendiri yang berpikir bahwa mereka lebih suka tetap menjomblo atau tak ingin berpasangan.

Itulah beberapa kata yang tak seharusnya diucapkan pada teman Anda yang sedang menjomblo. Orang yang jomblo belum tentu membutuhkan saran Anda, jadi jangan sok tahu untuk memberikan nasihat, kecuali mereka memang memintanya dari Anda.

[Source : shine.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator