Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

June 17, 2013

Asal Mula Penamaan Badai

June 17, 2013
Badai dilihat dari Luar Angkasa
Kenapa badai yang menghantam wilayah pantai timur AS, seperti New York, dinamai Badai Sandy? Bagaimana badai-badai tersebut mendapatkan nama? Apakah ada aturannya untuk menamai badai? Contoh saja pada tahun 2005, badai yang melanda wilayah Florida, Mississipi, dan Alabama, Amerika Serikat, bernama badai Katrina, sementara badai yang baru saja menghantam wilayah pantai timur AS, seperti New York, dinamai Badai Sandy.

Ternyata penamaan badai punya sejarah yang panjang. Menurut Ivan R Tannehill, seorang letnan yang kemudian menjadi ilmuwan cuaca dalam bukunya Hurricane, mengungkapkan bahwa penamaan badai awal mulanya berasal dari tradisi masyarakat sekitar Karibia. Pada awalnya, nama badai dinamai berdasarkan nama santa dalam agama Katolik. Contohnya seperti badai yang melanda Puerto Rico pada tanggal 26 Juli 1825 dinamai badai Santa Ana, sementara itu badai yang melanda di wilayah yang sama pada tahun 1876 dinamai badai San Felipe. Dalam pemberian nama tersebut, antara badai satu dengan badai yang lain bisa saja mempunyai nama yang sama. Contohnya badai yang melanda Puerto Rico pada tahun 1876 dinamai badai San Felipe I, sementara badai yang melanda wilayah yang sama pada tahun 1928 dinamai badai San Felipe II.

Selanjutnya, terdapat perubahan sistem penamaan pada badai. Setiap wilayah pembentukan badai memiliki sistem penamaan yang berbeda. Di Amerika Serikat, penamaan badai pernah dilakukan berdasarkan titik koordinat tempat badai terbentuk. Namun pada akhirnya sistem tersebut akhirnya juga diubah dikarenakan sulit diingat. Dan juga terdapat banyak potensi kesalahan saat menyebut sebuah badai. Dan pada tahun 1953, penamaan badai di Pasifik mulai didasarkan pada nama-nama perempuan. Sistem ini kemudian diadopsi oleh National Hurricane Center atau yang disingkat NHC yang berlokasi di Amerika Serikat untuk memberi nama badai yang terbentuk di wilayah Atlantik.

Nama yang digunakan untuk badai berdasarkan urutan sesuai alfabet setiap tahunnya, untuk yang berawalan Q, U, X, Y dan Z tidak digunakan. Sejumlah 21 nama sudah disiapkan untuk setiap tahun. Jika ternyata ada lebih dari 21 badai, penamaan badai selanjutnya didasarkan pada aksara Yunani, seperti Alpha, Beta, dan seterusnya. Sejumlah nama badai untuk wilayah Atlantik sudah disusun NHC untuk jangka waktu 6 tahun kedepan. Jadi, dalam kurun waktu 7 tahun, akan ada nama badai yang digunakan lagi. Dan nama badai tidak akan digunakan lagi, jika badai mengakibatkan dampak bencana yang sangat buruk. Misalnya, nama badai Katrina.

Badai Sandy

Lalu, kenapa badai yang menghantam wilayah pantai timur AS baru-baru ini diberi nama Badai Sandy?
Untuk tahun 2012, sejumlah nama telah digunakan untuk badai sebelumnya, seperti Alberto, Beryl, dan Chris. Badai Sandy merupakan badai ke-18 yang terjadi di tahun 2012. Nama Sandy yang digunakan sesuai dengan yang telah disusun.

Badai Sandy pada dasarnya merupakan sebuah fenomena siklon tropis. Fenomena ini terbentuk akibat adanya faktor suhu yang hangat di permukaan laut, kelembaban udara, serta angin akibat rotasi Bumi. Untuk Siklon tropis memiliki istilah sendiri berdasarkan tempat terbentuknya serta kekuatannya. Di Samudera Hindia, siklon tropis disebut sebagai siklon tropis saja. Hurricane merujuk pada siklon tropis yang terbentuk di Atlantik, sementara Taifun di Samudera Pasifik Barat Daya.

Tidak hanya NHC yang berhak menamai siklon tropis. Tropical Cyclone Warning Center atau yang disingkat TCWC di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga punya hak memberikan nama siklon tropis. TCWC BMKG bertugas menamai siklon tropis yang terbentuk di titik koordinat 0-10 derajat LS dan 90-125 derajat BT. TCWC BMKG sendiri sudah menyusun nama-nama siklon yang diambil dari nama-nama bunga, seperti Flamboyan, Anggrek, dan Cempaka. Ada juga yang menggunakan nama-nama buah untuk nama siklon, seperti Anggur, Belimbing, dan Duku.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator