Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

March 14, 2013

Biografi Angelina Jolie

March 14, 2013

Angelina Jolie
Angelina Jolie adalah aktris peraih Piala Oscar yang populer setelah memerankan tokoh jagoan wanita dalam film laris Tomb Raider. Di balik layar, Jolie terkenal atas keterlibatannya dalam berbagai kegiatan kemanusiaan internasional, termasuk menjadi duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk urusan pengungsi. Majalah kaum pria, Esquire, bahkan menyebutnya sebagai "perempuan terbaik didunia atas kebaikan hati, dedikasi, dan keberaniannya". Baru-baru ini, selebriti yang sering masuk dalam daftar perempuan tercantik ini mengunjungi korban gempa di Haiti. Sebagai duta PBB, Jolie memberikan dukungan moral dan memompa semangat penduduk negara di Kepulauan Karibia pasca gempa 7 Skala Richter pada 12 Januari 2010 yang menewaskan ratusan ribu orang.

Lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), 4 Juni 1975, Jolie adalah putri bintang film tahun 1970-an, Jon Voight. Film besutan ayahnya, " Lookin' to Get Out with Burt Young" tahun 1982, menjadi film pertama Jolie kecil. Seperti kakak lelakinya, sutradara James Haven, Jolie sepertinya ditakdirkan menjadi aktris. Pada usia 11 tahun, dia mulai belajar seni peran di Lee Strasberg Theater Institute di New York City.

Pada usia 17 tahun, Jolie memainkan peran setengah manusia dalam "Cyborg 2" bersama Elias Koteas. Karir Jolie dalam dunia perfilman mulai tampak satu dekade kemudian dengan film berbiaya murah Cyborg 2 (1993). Dalam Hackers (1995), Jolie mulai memerankan tokoh utama. Jolie- yang dalam Bahasa Prancis berarti 'cantik', membintangi beberapa film biografi seperti George Wallace (1997) dan Gia (1998) yang ditulis berdasarkan boografi biografi supermodel Gia Carangi. Berperan sebagai Cornelia Wallace, istri gubernur George Wallace, Jolie meraih Golden Globe Award dan masuk nominasi Emmy Award.

Jolie memenangkan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik atas penampilan cemerlangnya dalam drama Girl, Interrupted (1999). Dalam film yang dibintangi oleh Winona Ryder tersebut, Jolie memerankan seorang pasien sakit jiwa yang mengalami depresi parah.

Jolie semakin dikenal luas setelah memerankan tokoh utama "Lara Croft" dalam Lara Croft: Tomb Raider (2001). Sejak saat itu menjadi salah satu aktris paling populer dan paling mahal di Hollywood. Salah satu lokasi pengambilan gambar untuk Tomb Raider dilakukan di Kamboja. Di negara Asia Tenggara tersebut, Jolie menyaksikan kecantikan alam, budaya, dan kemiskinan. Dia mengaku pengalamannya di Kamboja membuat mata Jolie terbuka, dan berniat untuk aktif dalam kegiatan kemanusiaan dalam hidupnya.

Jolie mulai mengunjungi kamp-kamp pengungsian di seluruh dunia dan terpilih menjadi duta badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR). Beberapa pengalamannya ditulis dan dipublikasikan di dalam buku laris"Notes from My Travels" yang keuntungan penjualannya disumbangkan ke UNHCR.

Suatu kali, perempuan bertinggi 1,73 meter tersebut menyatakan untuk mendevosikan sebagian besar waktunya untuk kegiatan kemanusiaan dengan penghasilannya sebagai aktris. Jolie menyisihkan sepertiga penghasilannya untuk tabungan, sepertiga untuk biaya hidup, dan sepertiga untuk amal. Film dramatisnya berjudul Beyond Borders (2003) paralel dengan beberapa pengalaman kemanusiaannya, meski tidak masuk box office.

Tahun 2002, Jolie mengadopsi seorang bocah pengungsi Kamboja bernama Maddox, disusul anak perempuan Ethiopia bernama Zahara yang diadopsi pada 2005.

Setelah Tomb Raider, Jolie makin meraup sukses setelah berperan dalam film bergenre komedi-aksi Mr. & Mrs. Smith (2005). Dalam film Mr. & Mrs. Smith, Jolie berpasangan dengan aktor Brad Pitt yang kemudian menjadi teman hidupnya.

Belakangan ini hubungan Jolie-Pitt semakin sering menjadi santapan media AS terkait rumor perpisahan mereka. Meski masih simpang siur, kabar perpisahannya dengan aktor tampan Brad Pitt selalu menarik perhatian publik. Kabar terbaru menyebutkan, pasangan yang dijuluki "Brangelina" tersebut justru menuntut sebuah tabloid di Inggris, News of The World, yang dianggap melakukan tuduhan palsu dengan memberitakan bahwa pasangan itu akan berpisah.

Hubungannya dengan Brad Pitt menyeruak tahun 2005. Saat Jolie membenarkan kabar kehamilannya pada awal 2006, media tak henti-henti mengejar pasangan berjuluk "Brangelina" tersebut. Untuk menghindari kejaran media, mereka "mengungsi" ke Namibia di mana Jolie melahirkan Shiloh Nouvel. Janda aktor Jonny Lee Miller dan Billy Bob Thornton ini memutuskan untuk menjual foto pertama Shiloh melalui distributor Getty Images daripada membiarkan paparazzi mengambil foto-foto pertama Shiloh. Uang hasil penjualan foto Shiloh didonasikan ke badan amal oleh Jolie dan Pitt.

Tahun 2007, Jolie mengadopsi anak tiga tahun dari Vietnam, Pax Thien. Meluruskan spekulasi media selama berbulan-bulan, dalam ajang Cannes Film Festival tahun 2008, Jolie membenarkan bahwa dia sedang mengandung anak kembar. Pada 12 Juli 2008 di Nice, Prancis, Jolie melahirkan bayi lelaki dan perempuan, Knox Léon dan Vivienne Marcheline. Hak cipta foto pertama Knox dan Vivienne dijual ke majalah People dan Hello! senilai US$14 juta- foto selebriti paling mahal. Uang hasil penjualan dimasukkan ke the Jolie/Pitt Foundation.

Jolie pernah dikabarkan menjalin hubungan khusus dengan supermodel lesbian, Jenny Shimizu, pemeran pendamping dalam film laga Foxfire (1996). Shimizu mengakui mereka sering bepergian bersama. Mereka tetap berteman dan beberapa kali menjalin hubungan lebih dari pertemanan di sela-sela hubungan Jolie dengan pria. Jolie memang secara terbuka mengaku dirinya biseksual.

Tahun 2007, Jolie membintangi film drama A Mighty Heart dengan peran Marianne Pearl, istri seorang jurnalis yang dibunuh, Daniel Pearl. Sayangnya, film serius tersebut dirilis di musim box office hingga tenggelam di tengah berbagai film dengan efek-efek khusus berbiaya besar.

Juga pada tahun 2007, Jolie menjadi anggota Dewan untuk Hubungan Internasional dan menerima Freedom Award, penghargaan tahunan untuk Komite Penyelamatan Internasional atas kontribusinya dalam kaukus kebebasan pengungsi dan manusia.

Tahun 2008, Jolie membintangi Wanted. Setelah mengisi suara tokoh "Master Tigress" dalam film animasi Kung Fu Panda (2008), Jolie kembali bermain dalam film kaliber Oscar, Changeling (2008) besutan sutradara Clint Eastwood. Karakter kuat yang diperankan Jolie sebagai ibu yang mencari anak kandung sebenarnya dalam film tersebut mengantarkannya masuk dalam nominasi Golden Globes dan Academy Awards sebagai Aktris Terbaik.

Jolie juga pernah berkarir sebagai model profesional di London, New York, dan Los Angeles, dan juga tampil dalam video musik beberapa penyanyi seperti Meat Loaf, Lenny Kravitz, Antonello Venditti, dan The Lemonheads. Perempuan bertato ini juga berakting dalam lima film mahasiswa untuk Sekolah Film USC yang semuanya disutradarai oleh kakaknya, James Haven.



Nama : Angelina Jolie
Tanggal Lahir : 04 Juni 1975
Zodiak : Gemini
Lahir Di : Los Angeles

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator