Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

January 09, 2013

Meredam Amarah Agar Bekerja Lebih Bergairah

January 09, 2013
Berinteraksi di kantor seringkali rentan terhadap gesekan-gesekan perselisihan. Baik dengan sesama rekan sekerja maupun dengan atasan. Ketika Anda tersulut emosi, tak ada salahnya melakukan beberapa hal untuk meredam amarah. “Tak ada kata tak mungkin untuk melatih kesabaran menjadi orang yang lebih berkepala dingin dalam menghadapi masalah,” ungkap Aries Handoyo , penulis buku motivasi yang juga advisor jasa “Personal Security”.
Berikut beberapa kiat yang menurutnya perlu Anda kembangkan.

1.   Belajar memaafkan. Lakukan introspeksi diri, salah satu hal yang membuat Anda cepat baik darah. Ini cukup menjadi langkah awal melapangkan hati untuk memaafkan. Dan, memaafkan orang lain bukan berarti mengamini perbuatan orang lain, melainkan membantu Anda berpikir lebih jernih untuk menyelesaikan masalah dengan terhanyut emosi.

2.   Tunjukkan sikap pemenang. Tetaplah berpikir jernih dan tunjukkan sikap yang dewasa dalam menghadapi masalah. Percayalah, bersikap dewasa adalah salah satu yang sulit dilakukan kebanyakan orang namun kerap kali mendapat pengakuan. Inilah sikap pemenang yang sebenarnya.

3.   Jika Anda terjebak dalam perdebatan alot, menyingkir sejenak 10 hingga 15 menit. Emosi hanya membuat sulit menemukan solusi.

4.   Berusahalah selalu berbicara dengan nada rendah. Nada tinggi hanya akan mempengaruhi adrenalin dan memancing emosi.

5.   Jangan lampiaskan emosi pada benda maupun orang lain. Selain menyakiti diri sendiri, cara ini hanya meningkatkan amarah saja.

6.   Alihkan emosi dengan memikirkan hal-hal yang disenangi atau mendengarkan musik. Ini jauh lebih efektif mengusir emosi.

7.   Ingat selalu, mengendalikan emosi membutuhkan latihan terus menerus. Jangan pernah merasa gagal, orang bisa karena berlatih.

[Source : tabloidnova]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator