Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

December 19, 2012

Tanda-tanda Tubuh Mengalami Stres

December 19, 2012
Stres adalah reaksi tubuh terhadap setiap tuntutan atasnya. Dalam kehidupan ini berbagai permasalahan saling tumpang tindih menurut diri Anda agar dapat terselesaikan. kalau kondisi fisik atau mental anda prima, maka segala permasalahan kehidupan atau beban hidup anda (dan juga keluarga anda) dapat anda atasi dengan baik. bila tubuh anda sedang mengalami stres maka tubuh anda akan menunjukan gejala-gejala berikut ini:
Rambut Kepala

Bila anda sedang mengalami stres terutama dalam bentuk depresi, maka sering kali rambut anda mudah rontok, lekas berubah warna( keabu-abuan, atau memutih); bahkan bisa sampai botak pada sebagian kulit kepala atau merata.
Mata
Mata akan terasa kabur, padahal kalau anda memeriksakan mata anda pada ahli mata, visus mata anda masih baik atau dengan kata lain anda belum memerlukan kaca mata.
Daya Pikir
Daya pikir anda bisa terganggu, pelupa, konsentrasi menurun, lekas lelah untuk berfikir, dan tidak jarang disertai rasa sakit kepala. Bila benar demikian, mungkin anda sedang menglami stres.
Mulut
Sering kali mulut anda terasa kering dan sukar sekali untuk menelan, seolah-olah ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan anda. Hal ini membuat anda sering minum guna menghilangkan kekeringan mulut dan melonggarkan kerongkongan anda.
Kulit
Keringat berlebihan adalah gejala umum pada mereka yang sedang mengalami ketegangan, padahal tidak panas. Biasanya keringat dingin, dan anehnya tidak merata. Suhu tubuh juga sering tidak stabil. Reaksi lainya adalah gatal-gatal. Ini ada yang disertai perubahan pada kulit, ada juga yang tidak nampak perubahan kulit. Pada gatal yang disertai dengan reaksi kulit misalnya: urtikaria (biduran), eksim, dan sejenisnya. Khusus pada kulit wajah tidak jarang dijumpai pertumbuhan jerawat yang berlebihan, dimana terjadi perubahan hormonal di samping adanya stres itu sendiri.
Pernafasan
Banyak orang menjadi ketakutan apabila secara tiba-tiba dada atau pernafasan terasa sesak dan berat. Paru-paru anda kurang leluasa berkembang karena rogga dada relatif menyempit yang disebabkan karena otot-otot rongga dada kurang elastis.
Jantung
Berdebar-debar gejala umum dari setiap perubahan atau keteganan emosional. Denyut jantung akan terasa benar, sehingga anda akan merasakan sesak, pusing, dan seolah-olah mau pingsan. Lengan dan tungkai akan terasa dingin.
Lambung
Asam lambung akan berlebihan, sehingga membuat lambung anda terasa mual, pedih, bahkan terasa panas. Gejala ini disebut sebagai kelebihan asam lambung(HCl). Dan jika hal ini berkepanjangan, anda dapatterkena penyalit maag. Kalau inipun anda biarkan berlarut-larut, maka sebagai kelanjutanya anda bisa terkena tukak lambung (Ulcus peptikum).
Kadar Gula Darah
Stres berkepanjangan membuat kadar gula darah meninggi. Di dalam tubuh sudah mempunyai daya pertahanan guna menurunkan kadar gula yang tinggi tersebut. Namun fungsi stabilitator kadar gula darah ini lama kelamaan dapat terpengaruh pula, kalau stres yang anda alami itu berkepanjangan dan tidak segera diatasi. Dengan kata lain produksi insulin (stabilisator kadar gula darah) tadi tidak mampu menurunkan kadar gula darah.
Usus
Gejala yang dapat anda rasakan adalah mules-mules, mencret, tidak teratur buang air besar, dan sebagainya.
Saluran Seni
Sering buang air kecil (kencing), juga akan anda alami jika anda sedang depresi adalah sering buang air kecil pada waktu malam hari, sehingga tidur andapun akan terganggu.
Libido
Kalau reaksi stres yang anda alami itu berupa ketegangan atau kecemasan, biasanya libido anda akan meningkat dari biasanya. Sebaliknya jika reaksi stres itu membuat anda depresi, maka libido anda akan menurun, sehingga frekuensi senggama akan berkurang karenanya.
Lain-Lain
Keluhan-keluhan lain adalah otot-otot akan terasa keju (kejang), sehingga anda makan sering mengelih pegal linu, badan lemah, atau masuk angin, selalu gelisah, tidak bisa santai, dan tidak pernah merasa fit. Di bidang mental emosional, anda akan menjadi orang yang mudah marah atau sebaliknya mudah murung.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator