Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

October 01, 2012

Berdamai dengan Stres

October 01, 2012
Ilustraisi
Stress bukan sesuatu yang baru bagi manusia. Setiap orang yang masih bernafas,yang hidup,baik yang masih kecil maupun yang sudah tua,semuanya pasti akan / pernah merasakan yang namanya stress. Stress merupakan kondisi dimana kita (pikiran & hati) kita menolak kondisi yang sedang berlangsung. Stress bisa disebabkan banyak hal,pada umumnya,pekerjaanlah merupakan kontributor stress terbesar.

Banyak orang yang karena pekerjaan,mengeluh,merasakan penderitaan dan stress berat. Pekerjaan yang tidak disukai,akan menghasilkan stress,tidak bekerja akan lebih stress lagi (karna gak ada duit nih..). Jadi,kalau kita tidak tau cara mengatasi stress,maka selamanya kita akan diperbudak stress.

Kalau saja kita tau cara mengatasi stress yang efektif,tentu kita akan bisa selalu bahagia dan terhindar darinya.
Solusi mengatasi stress yang biasa kita lakukan:

Menghibur diri
Kita sering kali menghibur diri kita,entah dengan melakukan hobi,atau menikmati hidangan yang kita sukai. Banyak cara menghibur diri,tetapi biasanya akan sulit menghibur diri dalam kondisi yang memang tidak memungkinkan.
Contohnya,bagi orang yang hobinya makan,akan sulit menghibur dirinya yang stress/galau ketika tidak memiliki uang untuk membeli makanan.
Jadi,saya sebut solusi menghibur diri ini relatif efektif,yaitu efektif di saat tertentu saja.

Berdamai dengan Stress & Rasa sakit
Kalau menghibur diri itu relatif efektifnya,ada suatu teknik yang disebut 'berdamai dengan stress' yang merupakan teknik yang selalu efektif jika diterapkan dengan benar.
Teknik berdamai dengan stress,bisa kita lakukan untuk berdamai dengan semua situasi yang memuakkan,menyebalkan,mengesalkan,dan segala situasi yang tidak baik.

Berdamai dengan kondisi luar dengan mengubah mindset kita adalah kunci utama untuk dapat menerima segala situasi yang sulit secara mudah. Contoh,kalau saja kita sakit,maka kecenderungan kita adalah mengatakan kepada diri dan orang lain bahwa kita sakit. Ketika kita sakit,walaupun tidak kita inginkan,solusi pertama adalah berobat. Ketika kita sudah berobat,maka penyakit tidak akan bisa instan sembuh. Dalam masa transisi kesembuhan itu,kita bisa berdamai dengan rasa sakit.

Kita mengatakan dalam hati,"oh sakit,lakukanlah sesukamu padaku,aku tidak berniat mengusirmu". Ketika kita melepas rasa sakit itu sebagai apa adanya,maka rasa sakit itu akan segan dan biasanya akan hilang. Agar mudah memahami ini,cobalah bayangkan / anggap rasa sakit itu sebagai teman akrab yang sudah lama tidak bertemu.

Ketika kita bertemu teman akrab yang telah lama tidak bertemu,maka kita akan merasakan suatu kebahagiaan. Kebahagiaan yang 'unik' ini,akan muncul dikala kita menganggap rasa sakit itu sebagai teman kita. Kita akan rela mentraktir teman lama kita,dan menanyakan keadaannya. Kita akan tertawa bersama,melewatkan waktu dengan gembira. Rasa sakit yang bisa kita perlakukan seperti teman lama,akan berubah menjadi sesuatu yang damai. Inilah teknik berdamai yang bisa membuat kita menghadapi segalanya dengan tenang dan penuh semangat kebahagiaan.

Perlakukanlah stress seperti tamu yang sering datang. Biarkanlah dia melakukan tugasnya,yaitu stress sehingga pada titik damai,stress akan berubah menjadi sesuatu yang menyemangatimu.

[Source : http://kolom-inspirasi.blogspot.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator