Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

May 28, 2012

Belajar dari Selada Air

May 28, 2012
Thich Nhat Hanh (asal Vietnam) bukan hanya seorang guru, penyair, penulis, dan pembawa damai. Beliau juga adalah seorang petani yang handal.
 
Simak apa kata beliau ini :"Bila tanaman selada Anda tumbuh jelek, Anda tidak menyalahkan si selada bukan? 'Kamu selada goblok, tidak tahu diri, dan malas! Kalau kamu mau berusaha lebih keras, kamu akan bisa tumbuh lebih bagus!'

Yang akan Anda lakukan adalah memeriksa: apakah ada yang salah dengan tanahnya? Airnya? Cuacanya? Pupuknya? Lingkungannya? Cara tanam Anda? Lalu Anda akan menyesuaikan dan memperbaikinya.

Itu adalah pelajaran tentang kehidupan juga. Bila anak, bawahan, kolega, pembantu, dan lainnya tidak berhasil, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah periksa dulu apa yang salah dengan sekitarnya. Pandangan, pemahaman, dan cara penyampaian Anda sendirikah yang TIDAK TEPAT?

Situasi, kondisi, dan momennyakah yang tidak cocok? Bukan malah Anda menyerang yang bersangkutan seperti Anda kesal dan marah kepada sayur selada tersebut."

Sobat,

Seseorang yang "tercerahkan" akan mampu untuk melihat dengan jernih dan belajar dalam situasi apapun. Ia akan menemukan guru di mana saja. Dari kutu, sebongkah batu, Guru Besar, hingga musuhnya dan semua bisa menjadi gurunya.

Hari ini Thich Nhat Hanh mengajarkan kita untuk berguru kepada sayur. Sekarang kita baru paham mengapa ada ungkapan : "Bila Anda telah siap maka guru akan muncul dengan sendirinya". State of mind kita sendirilah yang menentukannya.

[Source : andriewongso]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator