Share Info

1 March 2012

Ubah Kritik di Kantor menjadi Motivasi

Apa yang Anda rasakan saat menerima kritikan? Marah, kecewa atau tersinggung. Sebenarnya kritik yang datang, jika dihadapi dengan pikiran positif akan mampu mengubah cara pandang bahkan bisa menjadi motivasi untuk karir Anda. Simak tips ubah kritik di kantor menjadi motivasi.

Berpikir Ulang
Jika Anda termasuk tipe yang mudah panas saat menerima kritik, maka ada baiknya untuk merubah sikap. Sikap pemarah hanya akan membuat Anda terlihat kekanakan dan arogan. Sebelum Anda marah, dinginkanlah sejenak pikiran Anda. Ambil waktu untuk berpikir ulang dan berdamai dengan hati, apa dengan marah bisa menyelesaikan masalah atau malah memperkeruh saja.

Agar Anda pun tak statis saja pada posisi karir, maka kritik yang datang bisa Anda jadikan sebagai teguran dan gambaran untuk berubah. Namun jika kritik itu datang hanya karena sirik dengan kemajuan karir Anda, maka tak ada salahnya untuk menanggapinya dengan senyum tanpa perlu berdebat kusir.

Akui kesalahan dan perbaiki diri
Kritik yang datang bisa jadi karena kesalahan yang Anda lakukan. Berusahalah untuk tidak sedih dan kecewa memikirkan kritik, tapi hadapi dengan tindakan nyata.
Jika kritik itu kritik yang membangun dari rekan kerja atau atasan Anda, itu menandakan mereka peduli dan menginginkan Anda segera menyadari dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi yang akan membuat Anda berbeda adalah sikap dewasa Anda untuk berlapang dada dan mau memperbaikinya.

Kritik bukan berati Anda gagal
Jangan cepat tersinggung jika Anda dikritik, karena bisa jadi itu pertanda bahwa Anda seorang yang dianggap hebat. Salah artinya jika Anda merasa kritik itu sebagai sebuah kegagalan. Jika Anda jeli dan teliti justru kritik itu bisa menjadi peluang Anda untuk menciptakan strategi baru.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month