Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

March 15, 2012

Studi Tentang Definisi Wanita Cantik

March 15, 2012
Sebuah studi mengatakan terlepas dari perbedaan budaya, definisi kecantikan pada perempuan memiliki ciri umum, yakni terlihat muda, tinggi dan memiliki pinggang ramping dengan lengan panjang.

Sebuah tim internasional dari Universitas New South Wales, Hong Kong Polytechnic University dan Tianjin Polytechnic University mengklaim bahwa definisi tersebut adalah analisis yang paling komprehensif, karena kecantikan sangat dipengaruhi bentuk tubuh dan tidak adanya penumpukan lemak yang menjadi daya tarik pada perempuan.

Prof Rob Brooks yang memimpin studi mengatakan,"Sebagian besar dari studi daya tarik telah berfokus pada pengukuran batang tubuh, pinggang, payudara dan pinggul. Lalu menemukan bahwa panjang dan lingkar lengan juga penting menambah bobot pada pandangan bahwa itu adalah 'seluruh paket' yang menentukan daya tarik."

"Daya tarik fisik merupakan faktor penentu penting untuk keberhasilan evolusi, sosial dan ekonomi. Dimensi tubuh seseorang menurut pengamat adalah jika orang tersebut cocok sebagai calon pasangan, mitra jangka panjang atau berharap mereka mengaku sebagai pesaing seksual,"tambahnya.

Tim menggunakan teknologi pemindaian tubuh untuk menghasilkan gambar tiga dimensi tubuh terhadap 96 perempuan asal Cina berusia antara 20 - 49 tahun.

Gambar lalu diubah untuk menghapus pakaian dan ciri-ciri fisik seperti wajah, warna kulit, warna rambut dan tekstur untuk menghindari bias ras atau budaya.

Kemudian mereka menampilkan sampel gambar 92 orang dewasa Australia, 40 pria dan 52 wanita berusia antara 18 - 58 tahun yang sebagian besar keturunan Eropa.

Sekali lagi untuk menghindari bias budaya, gambar mereka juga dirubah, lalu dibandingkan dengan kelompok asal Cina, Kedua kelompok ini dinilai daya tarik modelnya pada skala tujuh poin untuk menentukan peringkat daya tarik.

Tim kemudian mengeksplorasi hasil statistik dengan berfokus pada umur, berat badan dan berbagai pengukuran panjang dan ketebalan.

Ada tingkat kesepakatan yang kuat antara semua kelompok, dimana perempuan muda, lebih ramping dan lebih tinggi dinilai sebagai lebih menarik. Wanita dengan pinggang yang ramping dan tinggi juga lebih disukai.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa BMI (indeks massa tubuh) dan HWR (rasio ukuran pinggang) keduanya menjadi prediktor kuat dalam daya tarik, dimana perempuan lebih tinggi yang memiliki lengan panjang dinilai sangat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peringkat, namun ukuran kaki tidak termasuk.

"Tentu saja, hasil tersebut hanya memberitahu kita apa yang disebut tubuh ideal, namun dalam kenyataannya kebanyakan orang memiliki sedikit kesempatan untuk bekerjasama dengan seseorang yang memiliki bentuk tubuh ideal mereka. Pada akhirnya, sebanyak apapun Anda mungkin menginginkan seseorang, Anda hanya menemukan seseorang yang menginginkan Anda,"ujar Prof Brooks.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator