Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

March 16, 2012

Mempererat Tali Persaudaraan

March 16, 2012
Kebanyakan orang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengetahui siapa saja sanak keluarga atau kerabat jauh mereka. Bukan melulu karena tak peduli, tetapi lebih karena mereka tak tahu bagaimana harus memulai mencari dan mengenalkan diri.

Simak ulasan berikut, beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk lebih dekat kepada keluarga jauh.

1. Kenali silsilah.
Hal pertama yang Anda ingin lakukan, jika Anda belum pernah melakukannya, adalah menemukan kerabat mana yang Anda paling ingin lebih dekat. Dengan silsilah, Anda dapat mengetahui kerabat yang Anda miliki dan juga tahu saudara darimana mereka berasal. Misalnya, saudara ayah atau ibu

2. Tetap berhubungan dengan keluarga jauh.
Jaga hubungan baik dengan tetap menelepon atau mengirim email padanya. Manfaatkan teknologi yang ada untuk tetap berusaha berhubungan satu sama lain. Misalnya, Anda dapat menggunakan webcam untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar kota

3. Buat tradisi.
Berhubungan dengan menggunakan teknologi saja tidak cukup untuk tetap mempererat tali kekerabatan Anda. Karena itu, buatlah tradisi untuk berkumpul. Semacam agenda mingguan yang bisa Anda dan kerabat lakukan, saling mengunjugi satu sama lain di rumah masing-masing. Atau bisa juga membuat sebuah acara atau memanfaatkan moment tertentu untuk berkumpul dan bertuksr pikiran atau cerita.

4. Jalan-jalan keluarga.
Ini merupakan hal yang paling penting dalam menjaga hubungan dengan kerabat jauh Anda. Lakukan perjalanan untuk mengunjungi sanak keluarga Anda setiap kali Anda punya waktu liburan. Atau Anda bisa mengumpulkan seluruh kerabat Anda dan mengadakan sebuah acara jalan-jalan bersama, menginap di sebuah villa misalnya, membuat acara barbekyu dan sebagainya.

Nah, sebuah masalah baru timbul saat Anda berusaha untuk mengenal keluarga atau kerabat jauh Anda. Apa yang harus dibicarakan?

Ada beberapa cara untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak Anda kenal dengan baik. Anda bisa bertanya tentang pekerjaan, kehidupan atau kegiatan mereka. baik sekolah, kampus atau pun kantor.

Tanyakan kepada mereka tentang teman-teman mereka, anak-anak, atau kehidupan sosial mereka. Intinya sesuatu yang membuat mereka tertarik, inilah yang merupakan awal bahan pembicaraan. Ketika Anda sudah menemukan obrolan yang asyik, maka topik tersebut bisa merambah ke obrolan yang makin panjang.

Anda bisa tanyakan tentang hobi mereka. Ada banyak aspek yang menarik untuk dieksplorasi pada setiap orang. Namun semuanya tergantung pertanyaan apa yang Anda ajukan. Jangan sampai Anda justru terkesan menginterogasi dan menanyai mereka seperti seorang tersangka. siapa pun tak akan senang digurui seperti itu.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator