Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

February 02, 2012

Perusak Karier

February 02, 2012
by : Ririn Andriani (psychologytoday)

Bahkan seorang pemimpin atau eksekutif paling sukses pun bisa rusak kariernya bila melakukan lima hal ini.


Para ahli pengembangan diri telah melakukan penelitian tentang faktor-faktor apa saja yang dapat merusak karier seseorang, sekalipun ia telah menjadi seorang pemimpin sukses. Apa saja?

1. Miskin Gaya Interpersonal

Meskipun memiliki kompetensi teknis dan prestasi karier yang cemerlang, tapi bila orang tersebut tidak mempunyai kemampuan sosial dalam berkomunikasi dengan orang lain atau timnya dengan baik, maka kariernya akan terhambat.

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya dituntut harus memiliki kompetensi teknis, tapi juga kemampuan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan timnya.

2. Terlalu Mengontrol dan Tak Bisa Bekerjasama dengan Tim

Mampu bekerjasama dengan orang lain demi pencapaian hasil kerja yang maksimal amat penting dan merupakan kunci keberhasilan dalam karier.

Jadi, bila Anda seorang supervisor, manajer atau pemimpin tapi tidak mampu membangun sebuah tim yang solid, bisa jadi Anda tidak akan bisa meraih kesempatan karier yang lebih tinggi.

3. Ketidakmampuan untuk Beradaptasi

Pekerja yang tidak mampu atau gagal beradaptasi dengan perkembangan pengetahuan, teknologi dan informasi seputar bidang pekerjaannya yang sedemikian pesat akan kesulitan mencapai peningkatan karier secara maksimal. Karenanya jangan pernah bosan untuk selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan diri Anda.

4. Kurangnya Transparansi

Bersikap secara terbuka dan jujur dengan rekan kerja atau tim Anda merupakan kunci keberhasilan Anda dalam karier.

Bahkan ketika membuat sebuah keputusan pun, Anda harus menjelaskannya secara terbuka dan jujur mengapa keputusan tersebut dibuat.

5. Ketidakmampuan Berpikir Strategis

Sering kali kita terjebak dalam pekerjaan sehari-hari, dan terlalu fokus pada banyak hal yang bersifat jangka pendek sehingga cenderung membuat kita tidak jeli dalam menangkap peluang atau terobosan baru.

Padahal karier yang sukses ditentukan pula oleh kemampuan seseorang berpikir strategis. Ini sangat penting dimiliki karena pemikiran strategis membantu kita mengantisipasi masalah, mengenali peluang baru, dan membangun track record prestasi.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator