Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

January 31, 2012

Menjadi Rekan Kerja yang Baik

January 31, 2012

Bekerja dengan profesional merupakan hal yang penting, begitu juga dengan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. Ada kalanya jika Anda tahu bagaimana pandangan rekan kerja terhadap Anda. Jika terasa ada yang mengganjal, mungkin saja ada sesuatu yang salah.

Hal yang perlu disadari adalah berperilaku sopan agar Anda dapat menajadi rekan kerja yang baik di mata atasan Anda maupun partner kerja lainnya. Seperti dikutip oleh Life Script, berikut kiat agar menjadi rekan kerja yang baik.

1. Hindari bergosip

Tentu saja Anda perlu berkomunikasi dengan sesama rekan kerja. Namun jika ada rekan kerja yang mulai menceritakan gosip, sebaiknya Anda simpan gosip itu sendiri dan jangan biarkan orang yang lainnya mengetahuinya.

Usahakan untuk tidak menjadi biang gosip di kantor. Memang, godaan untuk bergosip itu sulit untuk ditolak, namun menjadi tukang gosip bisa merusak karir Anda. Jangan rusak citra Anda hanya karena suka bergosip. Semakin Anda dikenal sebagai biang gosip, semakin diragukan pula kepercayaan Anda oleh tim kerja lainnya.

2. Menjadi pribadi yang positif

Kepribadian yang positif merupakan hal yang penting. Hal ini dapat membantu Anda untuk tidak melakukan hal negatif misalnya, seperti mengeluh tentang suatu pekerjaan yang sedang dilakukan. Berhati-hatilah dengan segala keluhan Anda. Jangan biarkan Anda menjadi rekan kerja yang menjengkelkan hanya karena suka mengeluh ketika bekerja.

3. Diam itu emas

Jika ruangan kerja Anda tidak terlalu luas, usahakan untuk berbicara pelan saat Anda sedang dalam pembicaraan di telepon. Perhatikanlah rekan kerja Anda lainnya yang berada di sekeliling Anda. Jangan sampai bunyi telepon Anda mengganggu konsentrasi mereka. Ada baiknya jika Anda merubah volume dering telepon dengan tingkat terendah. Jika Anda menggunakan ponsel, pastikan juga bahwa ponsel dalam mode 'silent'.

4. Menghargai privasi

Meskipun Anda terbilang dekat dengan rekan kerja dan duduk bersebelahan di dalam ruangan yang sama, namun Anda juga harus tetap dapat menjaga privasinya. Tak usah penasaran dengan situs apa yang sedang ia buka karena bagaimanapun juga ia mempunyai privasi tersendiri. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, jika Anda menghargai privasinya, maka rekan kerja juga akan menjaga privasi Anda.

5. Bekerjasama dengan baik

Anda berkarir bukan hanya untuk diri sendiri, namun Anda juga bekerja untuk perusahaan dan memiliki tujuan bersama dengan rekan kerja lainnya. Anda bekerja tidak sendiri, dan tak jarang Anda membutuhkan bantuan rekan kerja. Jadi jika Anda dapat bekerjasama dengan baik, maka secara otomatis Anda akan disukai oleh tim kerja, sehingga mereka memandang Anda sebagai rekan kerja yang kooperatif.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator