Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

January 03, 2012

Cerdas tak Selalu Didapat dari Pendidikan Formal

January 03, 2012

Bila Anda berpikir kecerdasan anak hanya dapat dibangun melalui pendidikan formal, atau oleh mereka yang ahli di bidangnya, Anda harus mempertimbangkan kembali pendapat tersebut. Karena sebagai orang tua, Anda memiliki peran besar di setiap tahapan tumbuh kembang, khususnya dalam membangun fondasi kecerdasan anak.

Ini bisa dimulai dengan kemampuan Anda menjalin percakapan setiap hari dengan si kecil. Anda akan terkejut bahwa kegiatan sederhana ini akan membantu memperkaya perbendaharaan kata si kecil, mengenal dan menggunakan kata-kata baru, memberanikan diri mengungkapkan pendapatnya di depan umum serta mengasah kepekaannya terhadap sesama dan lingkungan.

Ingin mengingatkan kembali arti pertingnya menjalin dialog antara orang tua dan anak, PT Unilever Indonesia Tbk. mengangkat tema “Anak Cerdas Karena Orang Tua Banyak Kata” dalam program rutin Daycare

dr. Johny Sulistio, Senior Medical Advisor PT Unilever Indonesia Tbk. sekaligus ketua pelaksana program Daycare mengatakan bahwa pendidikan anak bukan hanya didapat dari pendidikan formal/akademik saja.

"Oleh karena itu, lebih dari sekedar fasilitas penitipan dan perawatan anak selama masa mudik Lebaran, Daycare memberikan banyak aktivitas dan edukasi non formal yang mendidik untuk mempersiapkan kemandirian di masa yang akan datang, menstimulasi kecerdasan intelegensia, daya imajinasi dan emosional anak." tambah Dr Johny

Tahun ini Daycare ingin membuka mata orang tua tentang arti penting membangun dialog dengan buah hatinya. Di tengah kesibukan yang dijalani sehari-hari orang tua harus bisa mempergunakan momen kebersamaan dengan si kecil menjadi sebuah perbincangan yang hangat. Saat di mobil, mengantri, makan bersama, membaca, menonton TV bersama bahkan sesaat sebelum tidur.

Buat si kecil mengungkapkan pendapatnya akan topik yang disukainya seperti kegiatan sehari-hari, permainan favorit bahkan tentang teman-temannya di sekolah. Latih mereka untuk mengucapkan kata dengan benar.

Berikan komentar agar perbincangan berjalan berimbang. Selain dapat memperkokoh hubungan orang tua-anak, perbincangan yang seimbang akan membuat anak tak hanya pandai berkata-kata namun juga menjadi pendengar yang baik.

[Source : perempuan.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

ClixSense

Follow me on twitter

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

 

Recent Posts

There was an error in this gadget

Hostgator