Share Info

26 May 2011

Kecerdasan Emosional Penting bagi Enterpreneur

Orang Jawa idiom tepat untuk melukiskan pentingnya Kecerdasan Emosional, terutama dalam melakukan sesuatu untuk mewujudkan keingingan atau impian. Ngundung, artinya melakukan suatu tindakan dengan keteguhan hati. Jadi, kalau kita sudah Ngundung, sesuatu yang kita yakini bakal tercapai dengan mengedepankan intuisi atau optimisme dalam bertindak akan membuat sesuatu yang semula kita angankan benar-benar menjadi kenyataan atau cepat terwujud. Kebiasaan untuk selalu Ngundung sangat penting bagi seseorang Entrepreneur dalam memulai atau mengembangkan bisnis. Oleh karena dengan demikian seorang entrepreneur akan lebih sering memaksimalkan peran otak kanannya ketimbang hitungan-hitungan rasional yang hanya membuat kita mendeg dan takut melangkah.

Kembali dalam budaya Jawa ada pepatah, rawe-rawe rantas, malang-malang tuntas, yang boleh ditafsirkan bahwa jika kita sudah yakin pada pilihan dan langkah kita dalam hidup, apa pun yang terjadi untuk mencapainya kita harus bersikap optimis maju terus pantang mundur. Dengan mengedepankan kecerdasan emosi kita dan lebih menggunakan otak kanan, kita akan menjadi orang yang pemberani, karena memang hanya orang yang pemberani yang sukses menjadi Entrepreneur.

Sejak kita sekolah, kita cenderung diarahkan selalu menggunakan otak kiri dan kita pun terbentuk menjadi pribadi yang selalu berfikir lurus dan serba linear, urut. Sehingga, meskipun pandai, kita tidak akan pernah jadi orang yang berani, selalu berhitung dan selalu takut melangkah. Yang pasti, keberanian seorang Entrepreneur untuk membuka usaha itu sama dengan keberanian menghadapi resiko. Kalo kita selalu berhitung dan mengedepankan otak kiri, resiko akan selalu dilihat sebagai bahaya, karena itu harus dijauhi, tetapi kalau dengan pandangan otak kanan, maka risiko itu justru sebuah peluang meraih rezeki. Oleh kerena itu harus didekati. Risiko besar maka peluang rezekinya pun besar, tapi kalo resikonya kecil jelas rezekinya pun kecil, itu hal yang pasti.

[Source : purdiechandra.net]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month