Share Info

5 May 2011

Bukan Melulu Karena Uang

Saya kira, tidak sedikit obsesi entrepreneur dalam menekuni bisnisnya, bukan semata karena uang. Banyak dari mereka yang maju karena visi, yaitu ingin menciptakan lapangan pekerjaan, dan dari usaha itu mempunyai dampak sosial yang positif, maka hal itu pun sudah merupakan sesuatu yang sangat memuaskan dirinya.

Bahkan, saya merasakan, bahwa dengan memiliki visi itu, maka kalaupun usaha yang kita jalankan tidak untung, tetapi tetap jalan, maka hal tersebut bukanlah merupakan permasalahan yang amat penting.

Selama ini saya jarang melihat, adanya entrepreneur yang mencapai puncak prestasinya, dengan cara lebih menempatkan uang sebagai penggerak utamanya. Tapi saya berpendapat, keberhasilannya karena dia memang lebih punya kemampuan menggerakan visinya. Sehingga, sosok entrepreneur seperti ini, selalu saja punya keinginan mengubah cara kerja dunia.

Mereka selalu kreatif dan inovatif. Mereka menikmati apa yang dilakukannya. Pendeknya, visi itulah yang sebenarnya menggerakan entrepreneur melakukan sesuatu yang akhirnya usahanya meraih kesuksesan. Hanya saja, untuk bisa menjadi entrepreneur yang baik, maka perlu memiliki kebebasan untuk mengejar visi-visi tersebut. Sebaliknya, jika tak dapat melakukannya, maka kita tidak akan pernah memperoleh keuntungan dari hal tersebut.

Pengusaha yang bisa jadikan contoh memiliki visi luar biasa adalah Bill Gates pendiri perusahaan komputer perangkat lunak terbesar di dunia, Microsoft Corp, yang baru-baru ini meraih gelar Doctor (HC) di sebuah Universitas di Jepang. Pengusaha ini termasuk orang tersukses pada akhir abad ke-20 dalam kategori bisnis. Namun, dari apa yang saya pahami, keberhasilannya itu karena ia memilki visi dan komitmen untuk sukses, dan ternyata Bill Gates sangat menikmatinya. Jelas bahwa kesuksesannya nyata-nyata bukan semata-mata karena soal uang, tetapi karena memliki komitmen yang luar biasa pada visinya. Sesuatu yang mungkin sulit kita bayangkan sebelumnya.

Dalam konteks ini, saya sependapat dengan Frend Smith, pendiri dan CEO Federal Express Corporation, bahwa untuk bisa menjadi entrepreneur sukses, semestinya kita juga memilki kemampuan melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang lain. Atau minimal melihat sesuatu dalam cara yang berbeda dari orang lain yang melihatnya secara tradisional.

Jadi menurut saya, sebaiknya kita sebagai seorang entrepreneur memilki kemapuan membuat visi mas depan. Disamping juga, kiat harus mampu menggunakan intuisi, bahkan kalau perlu kita pun sering membuat perubahan “revolusioner”. Dengan begitu, setidaknya kita memilki kemampuan melihat masa depan dengan lebih baik. Kita harus yakin, bahwa tahun-tahun ke depan akan menjadi masa terbaik bagi para entrepreneur. Maka tak ada salahnya kalau kita berani meraihnya.

[Source : purdiechandra.net]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month