Share Info

6 January 2011

Lelaki Pemarah Rentan Terserang Penyakit Gusi

Seseorang yang sedang marah terkadang merasa sedih. Sementara saat kesepian, perasaan ini mendorong seseorang menghindar. Buruknya, marah dan kesepian ini ternyata berpengaruh terhadap kesehatan gusi, khususnya bagi pria.

Berdasarkan survei terhadap lebih dari 42.500 ahli kesehatan profesional, hampir 60% dari sukarelawan adalah dokter gigi, 20% dokter hewan, dan sisanya adalah apoteker, dokter mata, dokter osteopati, dan ahli penyakit kaki, Jumat (31/12).

Ketika studi yang dimasukkan di dalam Journal of the American Dental Association ini dimulai, tak satu pun lelaki memiliki penyakit gusi. Namun, dalam kurun waktu 4 tahun, 1.100 dari mereka menyatakan setidaknya memiliki satu serangan penyakit gusi. Atau secara resminya disebut periodontitis. Penyakit gusi merupakan sebuah infeksi yang menyerang jaringan yang menyokong gigi. Dan kondisi ini merupakan penyebab utama terjadinya penanggalan gigi pada orang dewasa.

Lelaki yang mengatakan mereka marah dalam setiap harinya, ternyata memiliki risiko penyakit gusi 43% lebih besar. Lelaki yang mencetak skor marah tertinggi 72% lebih banyak terkena penyakit gusi, dibanding lelaki yang mencetak skor marah terendah.

Dan pria yang dilaporkan memiliki setidaknya satu teman dekat memiliki 30% terkena risiko penyakit gusi ketimbang mereka yang memiliki teman yang lebih banyak. Partisipan yang mengikuti acara keagamaan secara rutin mampu memangkas risiko penyakit gusi hingga 27%.

Peneliti Anwar T. Merchant, DMD, ScD, daru Harvard School of Dental Medicine menyimpulkan, dengan memiliki dukungan sosial dan belajar untuk bisa mengekspresikan rasa marah, mampu menjadi langkah perlindungan gusi yang baik.

[Source : PreventionIndonesia]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month