Share Info

11 January 2011

Berteman dengan Kekurangan

"Our strength grows out of our weaknesses. Kekuatan kita dapat tumbuh lebih besar daripada kekurangan kita." (Ralph Waldo Emerson)

Setiap orang mempunyai kelemahan, dan tak pernah ada orang sempurna di dunia ini. Tak ada manfaat mengeluhkan, menutupi atau mengabaikan kekurangan tersebut. Sebab cara seperti itu dapat menyulitkan kita mengembangkan potensi diri. Alangkah baiknya bila kita berusaha untuk mengubah kelemahan itu menjadi prestasi luar biasa di kemudian hari.

Simaklah sebuah kisah tempayan yang retak berikut ini. Seorang tukang air memiliki dua tempayan besar untuk mengangkut air dari sumber mata air. Satu dari tempayan itu retak dan bocor, sehingga air yang terbawa di rumah hanya tersisa setengah. Setiap hari tukang air menggunakan tempayan tersebut dan satu kali angkut ia hanya berhasil membawa 1,5 tempayan air ke rumahnya.

Tentu saja si tempayan yang bagus merasa bangga akan prestasinya, karena dapat menunaikan tugasnya dengan sempurna. Berbeda dengan si tempayan retak merasa malu dan sedih atas kekurangannya. Si tukang air merasa kasihan pada si tempayan retak, lalu berkata, "Coba kau perhatikan bunga-bunga indah yang tumbuh di sisi jalan kau lewati."

"Dari dulu aku tahu kekuranganmu, karenanya aku menebar benih bunga. Tanpa kau sadari bahwa air yang merembes dari sela-sela tubuhmu itu setiap hari menyirami bunga-bunga itu sehingga mereka tumbuh indah & setiap hari menghias rumah kita. Kamu tidak memahami bahwa apa yang kamu anggap sebagai kelemahanmu, justru adalah kelebihanmu," lanjutnya.

Tempayan retak terperangah, kemudian ia tak henti bersyukur. Sebab apa yang selama ini ia anggap kekurangan, ternyata memberikan manfaat di sisi lainnya. Setelah itu tempayan retak selalu bergembira dan penuh syukur dalam mengerjakan tugasnya sehari-hari.

Kisah tersebut hanya memberi gambaran bahwa kekurangan bukanlah sesuatu yang harus kita sesali. Sebaliknya, setiap kekurangan dapat memberi kita kekuatan dan bahkan dapat menjadi kelebihan kita. Oleh sebab itu, dapatkan lagi semangat Anda meraih segala hal yang Anda dambakan dan cobalah melakukan beberapa hal untuk mengubah kekurangan Anda menjadi prestasi luar biasa.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan, yaitu memperbaiki kekurangan Anda. Cobalah memperluas wawasan dan mengembangkan keterampilan usaha, misalnya dengan membaca buku-buku motivasi, ilmu pengetahuan, belajar dari orang sukses, mengikuti pelatihan atau kegiatan lain yang dapat membantu Anda mengembangkan potensi diri, diteruskan dengan tekun berlatih. Semakin giat Anda berusaha, maka akan semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan.

Selain itu, perbaiki perspektif atau cara menghadapi masalah dengan bertumbuh lebih besar dari masalah. Biasakan menghadapi segala sesuatu dengan pikiran dan hati yang terbuka, serta meyakini bahwa setiap masalah datang lengkap dengan solusinya. Bila Anda semakin ahli dalam menghadapi masalah, maka apapun kekurangan yang Anda miliki tak akan dapat menghentikan langkah-langkah Anda meraih kehidupan yang lebih sehat, kaya, dan bahagia.

Selanjutnya, hancurkan tembok keterbatasan, dengan tidak pernah menyerah berusaha menggapai impian. Berharaplah yang terbaik dan rencanakan setiap langkah-langkah Anda dengan baik. Usaha dan keyakinan yang luar biasa akan membuat Anda benar-benar mendapatkan kesempatan terbang lebih tinggi dari keterbatasan yang Anda miliki.

Kemudian fokuslah pada tindakan-tindakan yang dapat memberi jalan keluar. Bisa jadi tindakan yang Anda perlukan hanyalah melepaskan rasa takut, lalu lebih tekun berpromosi. Yang terpenting adalah usahakan untuk selalu melangkah, sebab mungkin salah satu langkah kecil itu dapat menciptakan kemajuan atau perubahan signifikan.

Walaupun kita memiliki kelemahan, tetapi jika kita berani untuk memilih, maka suatu saat kita dapat berubah menjadi orang yang sangat berprestasi. Sebab pilihan dapat menjadi kompas yang mengarahkan langkah-langkah ke tujuan. Pilihan juga dapat meningkatkan energi luar biasa untuk melakukan langkah-langkah besar, sehingga dengan mudah kita mengabaikan tantangan atau melewati masalah, dan melampaui keterbatasan.

Faktanya, kita tidak dapat bersembunyi dari kekurangan yang kita miliki. Namun kekurangan dapat menjelma menjadi keunggulan kita untuk meraih prestasi. Kita bebas memilih cara, beberapa di antaranya telah saya uraikan di atas, untuk menjadi apa yang kita inginkan dengan segala yang kita miliki termasuk dengan kekurangan itu.

by : Andrew Ho

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month