Share Info

8 January 2011

Al Qur'an Termahal

Benda bersejarah pastilah mengandung nilai yang kadang tak bisa dihitung dengan nominal uang tertentu. Namun, tak jarang, banyak orang yang berusaha membeli dengan uang mereka untuk sekadar menjadi koleksi ataupun gengsi. Karena itu, sejumlah benda bersejarah hingga kini nilainya di pasaran, baik resmi ataupun gelap, bisa bernilai miliaran rupiah. Balai lelang dunia seperti Christie's misalnya, beberapa kali berhasil menjual benda bersejarah dengan nilai yang sangat fantastis.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Kitab suci umat Islam, Alquran, yang ditengarai sudah berusia 800 tahunan, telah terjual dengan nilai mencapai 1,1 juta poundsterling. Jumlah ini setara dengan sekitar 360 rumah sederhana senilai 50 jutaan rupiah. Inilah rekor dunia untuk harga sebuah Alquran yang berhasil dijual pada sebuah lelang resmi.

Mushaf Alquran itu diyakini berasal dari tahun 1203 dan merupakan salinan lengkap tertua yang ditulis dengan tinta emas. Selain itu, Alquran ini juga memiliki catatan pinggir yang ditulis dengan tinta perak. Balai lelang Christie's sebelumnya mengatakan bahwa mereka memperkirakan harganya hanya akan berkisar antara 500 ribu hingga 750 ribuan poundsterling.

Sementara itu, sebuah salinan lain Alquran yang lebih tua, dari abad kesepuluh, juga laku dengan nilai cukup fantastis, yaitu 916.500 pounsterling.

Sayangnya, seperti yang sudah-sudah, pada hampir semua barang lelangan dengan nilai fantastis, balai lelang tersebut tidak pernah mau menyebut siapa yang memenangkan lelang itu. Mereka hanya mengatakan kedua mushaf itu dijual atas nama Masyarakat Spanyol Amerika dan dibeli oleh pedagang Inggris, tanpa pernah menyebut nama pasti.

[Source : Andrie Wongso.com]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month