Share Info

27 January 2011

Agar Suami Jadi Pendengar yang Baik

Komunikasi merupakan kunci sukses keharmonisan pernikahan. Karena itu, jangan biarkan komunikasi Anda dan suami bermasalah.

Tapi yang jadi problem, terkadang suami mengabaikan saat-saat penting ketika istri butuh pendengar yang baik di rumah. Inilah yang sering memicu merosotnya kualitas hubungan suami istri.

Bila hal itu terjadi pada Anda, berikut ini jalan keluar yang bisa Anda tiru, seperti dikutip Shine.

1. Cari waktu tepat
Jangan pernah melakukan komunikasi panjang saat suami baru tiba dari kantor. Beri dia waktu tiga puluh menit untuk bersantai dulu sebelum Anda ajak bercakap-cakap. Beri waktu untuk ganti pakaian kerja dan ada baiknya siapkan makanan serta minuman hangat.

Jika suami mulai terlihat relaks, cobalah mulai membuka topik pembicaraan. Ketika Anda merasa obrolan tidak dia dengar, coba pikirkan kembali strategi baru. Mungkin saja dia sebenarnya ingin mendengarkan Anda, hanya saja tidak pada saat itu. Jadi, cari kembali saat dan waktu yang tepat.

2. Bicara saat anak-anak sudah tidur
Saat anak-anak mulai terlelap, saatnya Anda dan suami menghabiskan waktu berduaan. Cari tahu suasana hatinya dengan memulai topik pembicaraan ringan yang menyenangkan. Dan cari sela untuk menyelipkan masalah yang ingin Anda komunikasikan.

3. Matikan seluruh alat elektronik
Matikan komputer, tv, atau apapun peralatan elektronik yang mungkin saja bisa mengganggu komunikasi Anda dengan suami. Dengan mematikan peralatan elektronik, Anda dan dia bisa lebih fokus saling mendengar keluhan dan obrolan.

4. Sesekali kencan malam dengan suami
Saat sudah menikah, Anda dan suami tetap tidak boleh melupakan kencan bareng seperti jaman ketika masa pacaran. Kencan suami istri juga penting sebagai cara untuk makin mendekatkan hubungan.

Waktu berduaan bisa memberikan waktu pada Anda dan suami untuk berbicara tentang banyak hal termasuk impian bersama, bukan hanya sekedar unek-unek, tapi juga hal-hal kecil yang bisa membuat Anda dan suami makin intim.

5. Jika ingin didengar, jadilah pendengar yang baik
Jika Anda ingin di dengar, suami pun juga demikian. Jika selama ini keluhan Anda tak didengar, mungkin selama ini Anda pun tak pernah mendengar keluhan suami.

Sama-sama saling mengerti dan memahami adalah hal yang paling mendasar dalam hubungan suami istri. Dengan demikian, tidak ada lagi ceritanya suami mengabaikan masalah Anda.

[Source : Viva news]

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda meninggalkan komentar yang tidak berbau SARA

Link Exchange

Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

Berbagi Informasi

Sport

Translate

Blog Archive

Pageviews last month